
Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Genduk Prastiawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis matematis secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 agustus 2017 di smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan. populasi ini terdiri dari 5 kelas yang total jumlah siswanya adalah 155 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sample. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software spss 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis matematis secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan, dengan persamaan regresi y = 27,103+ 0,201x1 + 0,193x2. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis matematis secara simultan memberikan pengaruh sebesar 4,7% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan. kata kunci: kemandirian belajar, kemampuan berpikir logis matematis, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
This research's aim is to know whether there is any simultaneous influence of independence learning and logical mathematical thinking ability towards the mathematic learning result of the ninth-grade students of smp n 5 tarakan. this research was held on 10th august - 15th august 2017 in smp n 5 tarakan. the type of this research is quantitative research with survey method. the population used was the entire of the ninth-grade student of smp n 5 tarakan. it consisted of 5 classes which the total number was 155 students. the technique of collecting sample used was cluster sampling. meanwhile the technique of collecting data in this research was by using questionnaire, test and documentation. the data analysis technique used was multiple regressive by using software named spss 16.00 for windows. the result of the research showed that there is an influence of the simultaneous independence learning and logical mathematical thinking ability towards the mathematic learning result of the ninth grade students of smp n 5 tarakan with the regressive equation y = 27,103+ 0,201x1 + 0,193x2 based on the calculation result of determination coefficient, it showed that the simultaneous independence learning and logical mathematical thinking ability towards the mathematic learning result of the ninth grade students of smp n 5 tarakan gave 4,7% of influence towards students' mathematic learning result. keywords: independence learning, logical mathematical thinking ability, mathematic learning result