
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 10 Tarakan
Pengarang : Vivi Oktavia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smpn 10 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 april s/d 08 april 2017 di smpn 10 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smpn 10 tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah 110 siswa yang terdiri dari 5 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner dan mengumpulkan dokumentasi. data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software spss 16.0 for windows. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelas vii smpn 10 tarakan berada pada kategori rendah sebesar 42,31%, rata- rata disiplin belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 43,63%, dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sangat kurang sebesar 95,45%. hasil analisis inferensial secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smpn 10 tarakan, dengan persamaan regresi y = 8,115 + 0,145x1 + 0,153x2. kata kunci: motivasi belajar, disiplin belajar, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
The aims of this research to determine the influence of learning motivation and learning discipline towards students’ mathematics learning achievement of class vii smpn 10 tarakan. this research was conducted on april 05th 2017 to april 08th 2017 in smpn 10 tarakan. the type of this research was quantitative research with survey method. the population of this research is all of students’ class vii smpn 10 tarakan. samples of this research were 110 students from 5 classes taken using stratified random sampling technique. data collection technique in this research is by spreading the questionnaire and collect documentation. data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis. descriptive analysis includes the average and standard deviation. inferential analysis using multiple linear regression with the help of software spss 16.0 for windows. descriptive analysis result indicates that the average of students learning motivation class vii smpn 10 tarakan was in low category amounted to 42,31%, the average of students learning discipline was in low category amounted to 43,63%, and the result of students’ mathematics learning achievement was in very low category amounted 95,45%. inferential analysis result showed that there is influence of learning motivation and learning discipline toward students’ mathematics learning achievement of class vii smpn 10 tarakan, with the equation of regression y = 8,115 + 0,145x1 + 0,153x2. keywords: motivation learning, discipline learning, mathematic learning achievement