UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Trisia Mahshalin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe stad dan konvensional) terhadap kemampuan komunikasi matematika, pengaruh kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (kooperatif tipe stad dan konvensional) dengan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas xii ips sma negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di sma negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xii ips sma negeri 3 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas xii ips 1 sebagai kelas kontrol dan xii ips 3 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika dan angket kecerdasan emosional. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (kooperatif tipe stad dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,02, tidak ada pengaruh kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan komuniakasi matematika dengan nilai p-value 0,41, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas xii ips sma negeri 3 tarakan dengan nilai p-value 0,95. kata kunci: stad, kemampuan komunikasi matematika, kecerdasan emosional siswa

Abstrak Indonesia

This research aims to study the effect of learning models (cooperative learning stad type and conventional) to mathematic communication skill, the effect of emotional intelligence high, medium and low to mathematic communication skill, and the interaction effect between learning models and emotional intelligence to mathematic communication skill at the twelve grade social students of sman 3 tarakan. this research was held on the first semester of the academic year 2017/2018 in sman 3 tarakan. the research is a quasi experiment with factorial 2×3 design. the population of this research is all of the twelve grade social classes of sman 3 tarakan. the sampling technique was simple random sampling. the sample of this research are class xii ips 1 as control class and xii ips 3 as experiment class. the data collection was conducted by mathematic communication skill test and a emotional intelligence questionnaire. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included mean and standard deviation. inferential analysis used two way analysis of variance. based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that learning models (cooperative learning stad type and conventional) effects the mathematic communication skill with the p-value of 0,02, the emotional intelligence do not effect the mathematic communication skill with p-value of 0,41 and the interaction between two learning models and emotional intelligence do not effect the mathematic communication skill at the twelve grade social students of sman 3 tarakan with a p-value of 0,95. keywords: stad, mathematic communication skill, emotional intelligence