UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Tarakan

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Tri Norma Yunita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning kelas viii-e smp negeri 2 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017di smp negeri 2 tarakan. subjek penelitian adalah siswa kelas viii-e smp negeri 2 tarakan yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 70% atau ≥ 23 siswa kelas viii-e smp negeri 2 tarakan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa dengan kategori minimal baik yaitu 2,33. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus i adalah 78,13% siswa berada pada minimal kategori baik dan siklus ii mengalami peningkatan menjadi 84,38% siswa berada pada minimal kategori baik. sedangkan sikap kemandirian belajar pada siklus i adalah 68,75% siswa berada pada minimal kategori baik dan pada siklus ii mengalami peningkatan menjadi 87,50% siswa berada pada minimal kategori baik. dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas viii-e smp negeri 2 tarakan. kata kunci: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, kemandirian belajar

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve the ability of mathematical problem solving and self-reliance student by apply problem based learning model of viii-e class in smp negeri 2 tarakan. the design of this research is classroom action research (car). this research was held in the even semester academic year of 2016/2017 smp negeri 2 tarakan. the subject of the research is the students of viii-e class in smp negeri 2 tarakan, there are 17 male students and 15 female students. the technique of collecting the data use test and observation sheet. this class action research (car) was conducted in two cycles and each cycles have three meetings. the success indicator of this research is minimal 70% or ≥ 23 student of viii-e class in smp negeri 2 tarakan has the ability of mathematical problem solving and self-reliance minimal in good category that is 2,33. the result of this research showed that the percentage of students’ ability of mathematical problem solving on the first cycles was 78,13 percent and second cycles was 84,38 percent. then, the percentage of success indicator for the students’ self-reliance on the first cycles is 68,75 percent and second circle was 87,50 percent. that problem-based learning model can improve the students’ ability of mathematical problem solving and self-reliance on viii-e class students in smp negeri 2 tarakan. keywords: the ability of mathematical problem solving, self-reliance, problem based learning