
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Rita Yasinta
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran tgt dan konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran tgt dan konvensional dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan adalah penelitian quasi experimental design dengan treatment by level faktorial . instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk mengukur motivasi berprestasi siswa dan soal uraian untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. sampel penelitian diambil secara acak yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas viii-6 sebagai kelas eksperimen dan viii-3 sebagai kelas kontrol. adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. dalam analisis inferensial dilakukan uji coba normalitas, uji coba homogenitas dan uji coba hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji anava dua jalur. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran tgt dan konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, dilihat pada tabel anava dua jalur dengan nilai fhitung = 8,030 dan nilai p-value 0,006, (2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa, dilihat pada tabel anava dua jalur dengan nilai fhitung = 53,335 dan nilai p-value 0,000, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran tgt dan konvensional dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dilihat pada tabel anava dua jalur dengan nilai fhitung = 5,965 dan nilai p-value 0,018. kata kunci: pembelajaran kooperatif, motivasi berprestasi, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
This research was conducted in the second semester of the school year 2016/2017. the objective of this research was to determine: (1) the influence of tgt learning model and conventional on the student learning outcomes. (2) the influence of achievement motivation on the student learning outcomes. (3) the influence of interaction between tgt learning model and conventional with achievement motivation in affecting students' mathematics learning. the type of this research is quantitative research. type of quantitative research conducted is a quasi-experimental design with a 2 2 factorial treatment by level. the instrument used to collect the data is a questionnaire to measure student achievement motivation and questions description to measure the results of students' mathematics learning. sample was taken at random that divided into two classes viii-6 as experiment class and viii-3 as control class. as for the data analysis. in inferential analysis conducted normality test, the homogeneity test and hypotheses test are conducted with using two lanes anova test. the results of research showed that: (1) there are significant tgt learning model and conventional on mathematics learning outcomes of students, seen in the table anova 2 lanes with value f count= 8,030 and value p-value 0,006. (2) there is the influence of achievement motivation (high and low) on learning outcomes students' mathematics, seen in the table anova 2 lanes with value f count= 53,335 and value p-value 0,000. (3) there is the influence of interaction between tgt learning model and conventional with achievement motivation in effecting students' mathematics learning. seen in the table anova 2 lanes with value f count= 5,905 and value p-value 0,018. keywords: cooperative learning, achievement motivation, mathematics learning achievement