UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks (Pasangan Mengecek) Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks (Pasangan Mengecek) Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Resty Tandi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika kelas viii smp negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 april – 29 april 2017 di smp negeri 3 tarakan. jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain posttest-only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-3 sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik probability sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan softwar spss versi 16.0 for windows. hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor rata-rata keterampilan sosial siswa kelas eksperimen adalah 74,52 dan skor rata-rata keterampilan sosial siswa kelas kontrol adalah 59,45. sedangkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. oleh karena nilai signifikan kurang dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan sosial siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata keterampilan sosial siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe pair checks berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika kelas viii smp negeri 3 tarakan. kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe pair checks, keterampilan sosial siswa

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to find out the effectiveness of cooperative learning model type pair checks towards students’ social skill in learning mathematic in class viii at smp negeri 3 tarakan. this research was carried out on april 10th – april 29th, 2017, at smp negeri 3 tarakan. the research design was quasi experimental by applying posttest-only control design. the population in this research was all the student's class viii at smp negeri 3 tarakan. the sample was class viii-4 as experimental class and class viii-3 as control class. the sample was taken using probability sampling. the technique for collecting the data in this research was using questionnaire. the data analysis was using descriptive statistics analysis and inferential. descriptive analysis consists of mean and standard deviation. inferential analysis in this analysis was using independent sample t-test with spss version 16.0 for windows. the result of descriptive analysis showed that the mean score of students’ social skill in experimental class was 74,52 and mean score of students’ social skill was 59,45. meanwhile, the result of independent sample t-test set at 5% (a = 0,05), showed that the significant score was 0,000 because the significant score 0,05 so ho was rejected and ha was accepted. it can be concluded that mean score of students’ social skill taught by using cooperative learning model type pair checks was higher than mean score of students’ social skill taught by using conventional way. it means that cooperative learning model type pair checks gave significant effect toward students’ social skill in learning mathematic for class viii at smp negeri 3 tarakan. keywords: cooperative learning model type pair checks, students’ social skill