
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Rendi Destasari Edi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional; mendeskripsikan tingkat kebiasaan belajar; mendeskripsikan hasil belajar matematika; dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika; pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika; pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. sampel penelitian ini adalah 165 siswa yang terdiri dari 5 kelas yang diambil dengan teknik cluster sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda. hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional siswa pada umumnya berada pada kategori rendah sebesar 43,63%. kebiasaan belajar siswa pada umumnya berada pada kategori tidak baik sebesar 41,82%. kategori hasil belajar matematika pada kategori cukup sebesar 56,97%. hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasaan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,001. hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,021. terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan sebesar 18,1% dengan persamaan regresi. kata kunci: kecerdasan emosional, kebiasaan belajar, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
The objectives of the research are to describe the emotional intelligence level, to describe the learning habit level, to describe the mathematic learning achievement and to know the influence of emotional intelligence towards mathematic learning achievement, the influence of learning habit towards mathematic learning achievement and the influence of emotional intelligence and learning habit toward mathematic learning achievement at the eighth-grade students of smp negeri 7 tarakan. this research was quantitative research by survey method. samples of this research are 165 students from 5 classes that was selected by cluster sampling technique. technique of data collection in this research was distributing questionnaire and collecting documentation. the data was analyzed by using descriptive statistics and multiple linear regressions. the result of this research showed that 43.63% of students emotional intelligence was in low category, 41.82% of students’ learning habit was bad, the category of mathematic students’ achievement in fair category showed by value amount of 56.97%. the results of multiple linear regression showed that there is influence of emotional intelligence towards students’ mathematic learning achievement with significant value 0.001, there is influence of learning habit towards students’ mathematic learning achievement with significant value 0.021, there is influence simulant of emotional intelligence and learning habit towards mathematic learning achievement at the eighth grade students smp negeri 7 tarakan with the equation of regression the influence was calculated as 18,1%. keywords: emotional intelligence, learning habit, math learning achievement