UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Dengan Menggunakan Teknik Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Dengan Menggunakan Teknik Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Nurul Afida

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran (peer tutoring dengan teknik scaffolding dan metode ceramah) terhadap hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas viii smp negeri 8 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di smp negeri 8 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 8 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-2 dan viii-3. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 68,04 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 50,47. hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,002. sehingga dapat dilihat bahwa 0,002 ˂ 0,05. dengan demikian h0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran peer tutoring dengan teknik scaffolding berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 8 tarakan tahun pembelajaran 2016/2017. kata kunci: hasil belajar matematika, metode pembelajaran peer tutoring, teknik scaffolding

Abstrak Indonesia

The aims of this research are to find out the influence of method learning (peer tutoring with scaffolding technique and a lecture type) to the mathematics learning outcomes of 8th grade student of smp negeri 8 tarakan. this research was held in the even semester academic year of 2016/2017 smp negeri 8 tarakan. the research design used in this research was quasi-experiment with posttest only control group design. the population of this research were all 8th grade students of smpn 8 tarakan. the sampling was done by a simple random sampling technique. the sample of this research were the students of viii-2 and viii-3. the data collection was done by using student test result. the data were analysis descriptive and inferential analysis. a descriptive analysis covered an average count and a standard deviation. an inferential analysis covered prerequisite assumption analysis and hypothesis test. descriptive analysis showed the average value posttest of the experiment class was 68,04 and the average value of the control class was 50,47. based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significant level % (a = 0.05) obtained p-value 0.002 therefore it can be seen that 0,002 ˂ 0,05. it means that h0 was rejected and it can be concluded that the peer tutoring learning method with the scaffolding technique influence on mathematics learning outcomes of 8th grade student of smp negeri 8 tarakan in academic year of 2016/2017. keywords: mathematics learning outcomes, peer tutoring method, scaffolding technique