
Evaluasi Pemahaman Geometri Materi Jarak Antar Objek Pada Ruang Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas X SMA Kristen Tunas Kasih Tarakan
Pengarang : Natalia Sulistiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pemahaman geometri siswa kelas x sma kristen tunas kasih tarakan pada tahap berapa berdasarkan teori van hiele. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016 di sma kristen tunas kasih tarakan. jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas x sma kristen tunas kasih tarakan yang berjumlah 27 siswa. penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh siswa kelas x menjadi sampel penelitian. teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan pengumpulan dokumen. perhitungan validitas item dan reliabilitas soal tes menggunakan program anates. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kuantitatif. hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa dalam memahami geometri materi jarak antar objek pada ruang, pada tahap 0 (visualisasi ) dengan presentase siswa yang mencapai kkm sebesar 66,67%, tahap 1 (analisis) dengan presentase siswa yang mencapai kkm sebesar 59,25%, tahap 2 (deduksi informal) persentase siswa yang mencapai kkm sebesar 11,11%, dan tahap 3 (deduksi) persentase siswa yang mencapai kkm sebesar 7,40%. dengan demikian pemahaman geometri jarak antar objek pada ruang pada siswa kelas x sma kristen tunas kasih tarakan berada pada tahap 1 yaitu analisis jika ditinjau berdasarkan teori van hiele. kata kunci: evaluasi, pemahaman geometri, teori van hiele
Abstrak Indonesia
This research was conducted to know the understanding of geometry for students as class x sma kristen tunas kasih tarakan for some step based on theory van hiele. this research was executed on odd semester in academic years 2016 at sma kristen tunas kasih tarakan. the kind of this research was descriptive quantitative. population of this research were class of student x sma kristen tunas kasih tarakan amounting to 27 students of determination of sample use saturated sampling technique so that all class students of x becoming research sample. the technique of collecting data used test, interview and accumulation of document. the calculation of item validity and of reliabilitas problem of the tes used anates program.the technique analyse data the used was descriptive analysis of quantitative data. the result of this research to showing understanding of student in comprehending items geometry apart between object at space, for phase 0 (visualization) with achieve student percentage of kkm 66,67% ,for phase 1 (analysis) with achieve student percentage of kkm 59,25%, for phase 2 (informal deduction) percentage of student kkm to 11,11%, and for phase 3 (deduction) percentage of tired students of kkm to 7,40%. so, the understanding geometry items apart between object at space based on theory van hiele for students class x sma kristen tunas kasih tarakan to phase 1 analyze if consideration based on theory van hiele. keywords: the evaluation of understanding geometry theory van hiele