
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2017/2018 SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Megawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas ix smp muhammadiyah 1 tarakan. jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas ix smp muhammadiyah 1 tarakan. sampel penelitian ini adalah kelas ix-a sebagai kelas eksperimen dan ix-b sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif inferensial. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 66,84 dan skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol adalah 33,29 sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. dengan demikian h0 ditolak dan h1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. kata kunci: model pembelajaran problem posing, kemampuan pemahaman konsep matematika
Abstrak Indonesia
The objective of this study is to find out the effect of learning model problem posing towards student’s mathematic conceptual understanding ability in the eight grade students of smp muhammadiyah 1 tarakan. the type of this study is quasi experimental, research by posttest only control design. the population of this study is all the eight grade classes of smp muhammadiyah 1 tarakan. the sample of this study are ix-a as an experimental class and ix-b as a control class. the sample’s were taken by using simple random sampling. test was used to collect the data. the data was analyzed by using descriptive and inferential statistics. the result of descriptive analysis show that the mean of mathematic conceptual understanding ability for experimental class is 66,84 and the mean of mathematic conceptual understanding ability of control class is 33,29. while, the independent sample t-test obtained significan value (1 - tailed) is 0,000. it means that h0 was rejected. it can be concluded that learning model problem posing had affected the students’ mathematic conceptual understanding ability of eight grade students at smp muhamadiyah 1 tarakan. keywords: learning model problem posing, mathematic concept understanding ability