
Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Juli Susyanti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan, mengetahui tingkat aktivitas belajar kelas viii smp negeri 5 tarakan, mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. sampel penelitian ini adalah 177 siswa yang diambil dengan teknik probability random sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan cara analisis regresi linear sederhana. hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa siswa pada umumnya berada di bawah rata-rata. hal tersebut berdasarkan kategori prestasi belajar matematika yang dicapai siswa. 38,1% atau sebanyak 67 siswa dengan kategori gagal, 15,3% atau sebanyak 27 siswa dengan kategori kurang, dan 14,2% atau sebanyak 25 siswa dengan kategori cukup, 12,5% atau sebanyak 22 siswa dengan kategori baik, dan 20,2% atau sebanyak 36 siswa dengan kategori sangat baik untuk aktivitas belajar siswa pada umumnya berada di bawah rat-rata. 24,3% atau sebanyak 56 siswa dengan kategori sangat rendah, 44,2% atau sebnyak dengan 78 siswa dengan kategori rendah. berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan dengan nilai signifikan 0,04 dan persamaan regre y = 2,67 + 0,04x, serta konstribusi pengaruh sebesar 3,5%. kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar matematika
Abstrak Indonesia
The objective of this research is to know the level of students mathematics learning achievement, the level of emotional intelligence and the influence the effect of emotional intelligence on mathematics learning achievement. the type of the research is quantitative research by survey method. samples of this research are 128 students that were taken by probability random sampling technique. technique of data collection are distributing questionnaire and collecting documentation. the data were analyzed by descriptive statistics and inferencial statistic with simple linear regressions. the research result showed that mathematics achievement in general is under average. for activity 38,1 intelligence of students in general are under average. 20,2 or 27 students with very low category, 24,3% or 56 students with low category, and 44,2% or 78 students with medium category. based on the results of inferential statistical analysis shows that there is influence of emotional intelligence on mathematics achievement student grade viii smp negeri 5 tarakan with significant value 0.04. and regression equation y = 2,67 + 0,04x and the effect of contribution is 3,5%. keywords: learning activity, mathematics achievement