
Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Jekolina Weding
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran (metaphorical thinking dan pembelajaran konvensional) terhadap hasil belajar; (2) pengaruh kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar dan; (3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (metaphorical thinking dan konvensional) dengan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di smp negeri 9 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling. kemudian sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas viii-6 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan angket kepercayaan diri. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa (1) pendekatan pembelajaran (metaphorical thinking dan konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,000, (2) kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai p-value 0,014 dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (metaphorical thinking dan konvensional) dengan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan dengan nilai p-value 0,994. kata kunci: pendekatan metaphorical thinking, hasil belajar matematika, kepercayaan diri
Abstrak Indonesia
This reserch aims to determine: (1) the effect of learning approaches (metaphorical thinking and conventional learning) on learning outcomes; (2) the effect of high, medium, and low confidence in learning outcomes; (3) the interaction effect between learning approaches (metaphorical thinking and conventional) with confidence in mathematics learning outcomes students of class viii smp negeri 9 tarakan. this research was conducted on the even semester of academic year 2016/2017 in smp negeri 9 tarakan. the research is a quasi experiment with 2x3 factorial design. the population in this research is all students of class viii smp negeri 9 tarakan. sampling in this research is done by simple random sampling. then the sample in this research is the students of class viii-7 as the experimental class and the students of class viii-6 as the control class. the data collection was conducted by using mathematics learning test and self confidence questionnaire. data analysis techniques used descriptive and inferential analysis. descriptive analysis includes mean and standard deviation. inferential analysis uses two-lane variance analysis. based on the result of analysis with 5% significant level, it can be concluded that: (1) the learning approach (metaphorical thinking and conventional) have an effect on the mathematics learning result with p-value value 0.000; (2) self confidence have an effect on the mathematics learning result result with p-value 0.014; (3) and there is no interaction effect between learning approach (metaphorical thinking and conventional) with self confidence to mathematics learning outcomes in students of class viii smp negeri 9 tarakan with p-value 0.994. keywords: metaphorical thinking approach, mathematics learning outcome, self confidence