UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

Pengarang : Gatot Prayoga

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe crh dan konvensional) terhadap hasil belajar matematika, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, dan interaksi pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe crh dan konvensional) dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di smp negeri 7 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 7 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-5 sebagai kelas eksperimen dan viii-7 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan angket minat belajar siswa. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (kooperatif tipe crh dan konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,001, minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value 0,000, dan ada interaksi pengaruh model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas viii smp negeri 7 tarakan dengan nilai p-value 0,001. kata kunci: course review horay (crh), hasil belajar matematika, minat belajar

Abstrak Indonesia

This research aims to study the effect of (cooperative learning crh type and conventional), the effect of interest to learn and the interaction effect between learning models and interest to learn of mathmatic learning outcomes at the eight grade students of smpn 7 tarakan. this research was held on the first semester of the academic year 2017/2018. the research is a quasi experiment with factorial 2×3 design. the population of this research is all of the eight grade classes of smpn 7 tarakan. the sampling technique was simple random sampling. the sample of this research are viii-5 as a experiment class and viii-7 as a control class. the data collection was conducted by mathmatic learning outcomes test and a interest to learn questionnaire. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included the mean and standard deviation. inferential analysis used the two way analysis of variance. based on the result of analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that the learning models (cooperative crh type and conventional) affect the learning outcomes with p-value 0,001, interest to learn affect the mathmatic learning outcomes with p-value 0,000, and interaction effect among learning models (cooperative crh type and conventional) and interest to learn for the mathmatic learning outcomes at the eight grade students of smpn 7 tarakan with p-value 0,001. keywords: course review horay (crh), mathematic learning outcomes, interest to learn