
Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Eka Ayu Aprilia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kesalahan siswa kelas vii smp muhammadiyah 2 tarakan tahun ajaran 2016/2017 dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan yang ditinjau dari empat indikator kesalahan, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan konsep, kesalahan proses dan kesalahan karena kecerobohan. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp muhammadiyah 2 tarakan dengan jumlah 70 siswa. pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes materi himpunan dan wawancara tidak terstruktur. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan sebagai berikut: 1) kesalahan memahami soal sebesar 86.02% (sangat tinggi); 2) kesalahan konsep 56.57% sebesar ( sedang); 3) kesalahan proses sebesar 60.00% (tinggi) dan; 4) kesalahan karena kecerobohan sebesar 61.71% (tinggi). kata kunci: identifikasi, kesalahan
Abstrak Indonesia
This study aims to identify the types and levels of student’s mistake in seventh grade of smp muhammadiyah 2 tarakan academic year 2016/2017 in finishing the questions at material set which is reviewed from four mistake’s indicator they are understanding of the qustions, concept, process and carelessness. this studing is a descriptive study with quantitative approach. the population in this study were all of the seventh grade of smp muhammadiyah 2 tarakan with 70 students. the sampling was taken by random sampling. the sample in this study amounted to 60 students. the data collection is done by using test the material set and unsructured interviewing. the technique of data analysis is using descriptive analysis. the results showed high student error rate category with an average error of each indicator as follow: 1) understanding of the question is 86.02% (very high); 2) the concept is 56.57% (moderate); 3) the process error is 60.00% (high) and; 4) carelessnessis erroe is 61.71% (high). keywords: identification, error