
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Andi Hikmah Suciaty Taufik
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe tapps dan konvensional) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh disposisi matematis tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (kooperatif tipe tapps dan konvensional) dengan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 5 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-3 sebagai kelas kontrol dan viii-7 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket disposisi matematis. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (kooperatif tipe tapps dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,000, disposisi matematis tinggi, sedang dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan dengan nilai p-value 0,391. kata kunci: thinking aloud pair problem solving (tapps), kemampuan pemecahan masalah matematika, disposisi matematis
Abstrak Indonesia
This research aims to study the effect of (cooperative learning tapps type and conventional), the effect of mathematical disposition high, medium and low, and the interaction effect between learning models and mathematical disposition to the ability of mathematical problem solving at the eight grade students of smpn 5 tarakan. this research was held on the second semester of the academic year 2016/2017. the research is a quasi experiment with factorial 2 3 design. the population of this research is all of the eight grade classes of smpn 5 tarakan. the sampling technique was simple random sampling. the sample of this research are class viii-3 as a control clas and viii-7 as a experiment class. the data collection was conducted by mathematical problem solving ability test and a mathematical disposition questionnaire. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included the mean and standard deviation. inferential analysis used the two way analysis of variance. based on the result of analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that the learning models (cooperative tapps type and conventional) affect the ability of mathematical problem solving with p-value 0,000, mathematical disposition hight, medium and low affect the ability of mathematical problem solving with p-value 0,000, and no interaction effect among learning models (cooperative tapps type and conventional) and mathematical disposition to the ability of mathematical problem solving at the eight grade students of smpn 5 tarakan with p-value 0,391. keywords: thinking aloud pair problem solving (tapps), the ability of mathematical problem solving, mathematical disposition