
Hubungan Kekerasan Verbal Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Di Wilayah Perbatasan Sebatik
Pengarang : Mariana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Verbal abuse atau kekerasan verbal adalah segala bentuk ucapan atau perkataan yang dapat menyakiti, mengintimidasi, atau merendahkan harga diri seorang anak. penelitian ini menganalisis hubungan antara kekerasan verbal dan rasa percaya diri anak di wilayah perbatasan sebatik. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan melibatkan 120 orang tua siswa kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. penelitian ini menggunakan dua instrumen berupa kuesioner, yaitu kuesioner verbal abuse dan kuesioner kepercayaan diri. kuesioner pertama untuk mengukur tingkat kekerasan verbal orang tua terhadap anak, sedangkan kuesioner kepercayaan diri mengukur tingkat rasa percaya diri anak. analisis data menggunakan uji statistik spearman rank. hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif signifikan antara kekerasan verbal terhadap rasa percaya diri dengan koefisien korelasi sebesar -0,376 dan nilai p-value 0,00. penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kekerasan verbal yang dilakukan oleh orang tua maka semakin rendah rasa percaya diri anak. oleh karena itu, disarankan agar orang tua diberikan edukasi mengenai dampak negatif kekerasan verbal dan pentingnya komunikasi yang positif dengan anak. program pelatihan atau workshop dapat diadakan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang cara mendukung perkembangan emosional dan psikologis anak, serta membangun lingkungan yang lebih sehat dan mendukung bagi pertumbuhan rasa percaya diri anak. kata kunci: kekerasan verbal, rasa percaya diri, anak, wilayah perbatasan, sebatik
Abstrak Indonesia
Verbal abuse is all the forms of speech or words that can hurt, intimidate, or undermine a child's self-esteem. this study analyzed the relationship between verbal abuse and children's self-confidence in the sebatik border area. this study was a quantitative research with a correlational approach involving 120 parents of students in grades 1, 2, 3, 4, and 5. this study used two instruments in the form of questionnaires, namely a verbal abuse questionnaire and a self-confidence questionnaire. the first questionnaire measured the level of verbal abuse of parents towards children, while the self-confidence questionnaire assessed the level of self- confidence of children. data analysis used the spearman rank statistical test. the results showed a significant negative relationship between verbal abuse and self- confidence with a correlation coefficient of -0.376 and a p-value of 0.00. this study found that the higher the verbal violence committed by parents, the lower the child's self-confidence. therefore, it is recommended that parents get education about the negative impact of verbal abuse and the importance of positive communication with children. training programs or workshops can be held to increase parents' awareness of how to support children's emotional and psychological development, as well as build a healthier and more supportive environment for the growth of children's self-confidence. keywords: verbal abuse, self-confidence, children, border area, sebatik