UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Kegiatan Literasi Di Kelas

Deskripsi Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Kegiatan Literasi Di Kelas

Pengarang : Siti Widia Wati Ningsih

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan literasi di kelas iv sekolah dasar negeri 050 tarakan. metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 99 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. instrumen pengumpulan data terdiri dari angket kecerdasan emosional dan pedoman wawancara. hasil analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi (63,4%), kategori sedang (36,4%), dan tidak ada siswa pada kategori rendah. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi. beberapa temuan tambahan mencakup aspek mengelola emosi mayoritas siswa (69,7%) menunjukkan kecerdasan emosional tinggi dalam mengelola emosi, yang menunjukkan kemampuan mereka dalam mengendalikan dan merespon emosi dengan baik, aspek memotivasi diri sendiri sebagian besar siswa berada dalam kategori sedang, dengan sedikit siswa yang menunjukkan kecerdasan emosional tinggi atau rendah. ini menunjukkan adanya variasi dalam kemampuan memotivasi diri sendiri, aspek mengenali emosi orang lain sebagian besar siswa juga menunjukkan kecerdasan emosional tinggi dalam hal ini, dengan sedikit siswa yang berada di kategori rendah, dan aspek membina hubungan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi cenderung lebih baik dalam membina hubungan sosial dan bergaul, bersosialisasi dan membangun hubungan yang mendalam. kata kunci: kecerdasan emosional, kegiatan literasi, purposive sampling

Abstrak Indonesia

The purpose of the research was to describe students’ emotional intelligence through the literacy activities in class iv of sdn 050 tarakan. the method used was descriptive quantitative with a sample size of 99 students. the sample was selected by using purposive sampling technique. the data collection instruments consisted of emotional intelligence questionnaires and interview guidelines. the results of data analysis showed that students’ emotional intelligence is in the high category (63.4%), medium category (36.4%), and there are no students in the low category. thus, it can be concluded that students’ emotional intelligence in the high category. some additional findings include the aspect of managing emotions: the majority of students (69.7%) show high emotional intelligence in managing emotions , which shows their ability to control and respond well to emotions, the aspect of motivating oneself most students are in the medium category, with few students showing high or low emotional intelligence. this shows the variation in the ability to motivate oneself, the aspect of recognizing the emotion of others most students also show high emotional intelligence in this regard, with few students in the low category, and the aspect of fostering relationships students with high emotional intelligence tend to be better at fostering social and sociable relationships, socializing and developing deep relationships. keywords: emotional intelligence, literacy activities, purposive sampling