UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of THE EFFECT OF THE PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) ON STUDENTS’ WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE PARAGRAPHS OF EIGHTH 
GRADE AT SMPN 2 TARAKAN

THE EFFECT OF THE PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) ON STUDENTS’ WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE PARAGRAPHS OF EIGHTH GRADE AT SMPN 2 TARAKAN

Pengarang : Novia Utami

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan pada penulisan paragraf deskriptif dengan menggunakan picture word induktif model (pwim) pada siswa kelas 8 di smpn 2 tarakan. penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental dan siswa kelas delapan di smpn 2 sebagai populasi. jumlah sample dari penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas viii-h yang dipilih dengan teknik convenience sampling. instrumen yang digunakan berupa tes menulis. data yang diproses adalah data dari pretest dan posttest. dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskripsi analisis dalam aplikasi ibm spss stastistics 23. hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan skor rata-rata antara pretest dan posttest. hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. skor rata-rata siswa dalam pretest adalah 53.93 dan dalam posttest adalah dan 67.30. penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 13.37. selain itu, hasil dari paired sample t-test menunjukkan bahwa t-test adalah 84.08 yang mana lebih tinggi dari t-table yaitu 2.045. dengan kata lain hipotesis nol (h0) ditolak dan hipotesis alternetif (ha) diterima. hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada siswa kelas delapan smpn 2 tarakan yang diajar menggunakan pwim. kata kunci: picture word induktif model (pwim), teks deskriptif, kemampuan menulis.

Abstrak Indonesia

This study aimed to examine whether the picture word inductive model (pwim) significantly affected students' ability to write descriptive paragraphs in the eighth grade of smpn 2 tarakan. the research employed a pre-experimental design, with the eighth-graders of smpn 2 tarakan as the population. the sample consisted of 30 students from class viii-h, selected through convenience sampling. the research instruments were pre-test and post-test writing assessments. data were analyzed using a paired sample t-test. the results showed a difference in the mean scores between the pre-test and post-test. the student's mean score on the pre-test was 53.93; on the post-test, it increased to 67.30, indicating a mean improvement of 13.37 points. furthermore, the paired sample t-test revealed that the t-value was 84.08, which was higher than the t-table value of 2.045, leading to the rejection of the null hypothesis (ho) and the acceptance of the alternative hypothesis (ha). this finding indicated that pwim significantly affected the writing skills of the eighth- grade students of smpn 2 tarakan. keywords: pwim, descriptive text, writing skills.