
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas II C SDN 045 Binalatung Tarakan
Pengarang : Nurliya Sah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar . jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (ptk) yang di laksanakan di sdn 045 binalatung tarakan. adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas ii c yang berjumlah 28 orang dengan jumlah siswa laki-laki yaitu 14 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. penelitian ini menggunakan desain model kurt lewin dalam pelaksanaannya terdiri atas beberapa tahapan kegiatan sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) aksi atau tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. hasil penerapan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. pada hasil penerapan media kartu kata bergambar di mana didalamnya siswa menjawab pertayaan yang diberikan oleh guru serta siswa membaca kata tersebut dengan cara meguraikan dari kata kesuku kata, suku kata ke huruf dan merangkai kembali dari huruf ke suku kata dan dari suku kata ke kata tentunya siswa membacanya secara bersamaan dengan bantuan dari guru. hasil penerapan media kartu kata bergambar di sdn 045 binalatungtarakan dapat dilihat dari hasil tes kemampuan membaca permulaan yang telah dilakukan pada siklus i dan siklus ii. penilaian kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus i sebesar 79% dari jumlah keseluruhan siswa meningkat menjadi 96% dari jumlah keseluruhan siswa pada siklus ii. terjadinya peningkatan ini dikarenakan telah menerapkan media kartu kata bergambar. kata kunci : kemampuan membaca, membaca permulaan, kartu kata bergambar
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to improve the ability to read early through picture card media. this type of research was class room action research (car) which was carried out as sdn 045 binalatung tarakan. the subjects of this study were 28 students of class ii c with 14 male student and 14 female students. this study employed the kurt lewin model design in this implementation. consisting of several stages of activities as follows: 1 planning, 2 action.3, observation,4 reflection. result of the aplication of picture card media where students answered questions given by the teacher and students read the word by breaking down fromsyllabless, syllabels to letteres and reassembiling from letters to sy syylabels adn from syylabels to words of course students read in together.the result of the application of picture or card media ar sdn 045 binalatung tarakan could be seen from the results of the initial reading skill test that has been carried out in cycles i and ii. the assement of students intial reading ability in cycle i was79 % of the total number of students incrasing to 96% of the total number of students in cycle ii.this increase occuroud because tbe media of picture word card has been implemented. keywords: reading skill, beggining reading, picture word cards