UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA/MA DI PULAU SEBATIK KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA/MA DI PULAU SEBATIK KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

Pengarang : Jumarni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Literasi sains telah menjadi istilah yang digunakan secara luas sebagai karakteristik penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara dalam masyarakat modern. literasi sains merupakan kemampuan yang sangat penting dalam menghadapi tantangan global, namun data pisa menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di indonesia masih tergolong rendah. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil kemampuan literasi sains siswa kelas xi ipa sma/ma di pulau sebatik, kabupaten nunukan, kalimantan utara dengan menggunakan metode dan pengumpulan data menggunakan soal tes literasi sains. soal ini terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. sampel penelitian adalah siswa kelas xi ipa di beberapa sekolah di pulau sebatik yang dipilih melalui purposive sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan literasi sains yang rendah, baik pada aspek konten maupun konteks. selain itu, sebagian besar siswa memiliki kemampuan literasi sains yang termasuk dalam kategori "sangat kurang". penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru untuk dapat menerapkan metode pengajaran kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi sains. kata kunci: literasi sains, siswa sma, aspek konten, aspek konteks, pulau sebatik.

Abstrak Indonesia

Scientific literacy has become a widely recognized term that signifies a critical characteristic every citizen should possess in modern society. it represents an essential capability for addressing global challenges, however, pisa data reveals that the scientific literacy skills of indonesian students still need to improve. therefore, this study aims to identify the profile of scientific literacy skills among grade xi science students in senior high schools (sma) and islamic senior high schools (ma) on sebatik island, nunukan regency, north kalimantan. the research employed a test-based approach to collect data using scientific literacy questions consisting of multiple-choice and essay items. the sample comprised grade xi science students from selected schools on sebatik island, determined through purposive sampling. the findings indicate that most students exhibit low levels of scientific literacy in both content and contextual aspects. additionally, many students fall into the "very low" category of scientific literacy proficiency this study is expected to provide valuable insights for educators, enabling them to adopt more contextual and relevant teaching methods aligned with students daily lives to enhance their scientific literacy skills. keywords: scientific literacy, sma students, content aspect, contextual aspect