UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Indoor Study Dan Outdoor Study Di SMA Negeri 1 Sebatik

Perbandingan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Indoor Study Dan Outdoor Study Di SMA Negeri 1 Sebatik

Pengarang : Nur Haninah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pembelajaran di dalam kelas (indoor study) merupakan pembelajaran yang memanfaatkan ruang kelas ataupun laboratorium. pembelajaran di luar kelas (outdoor study) merupakan metode pembelajaran yang mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan minat belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berbasis indoor study dan outdoor study siswa kelas xi di sma negeri 1 sebatik jenis penelitian yang digunakan yaitu komparatif. penelitian ini telah dilakukan di sma negeri 1 sebatik. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas xi yang berjumlah 7 kelas. teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sampel yang diambil pada penelitian yaitu kelas xi psp 1dan xi psp 7, instrumen penelitian yang dikalukan yaitu angket minat belajar dan dokumentasi, data diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi spss 26.0 for windows. berdasarkan hasil perhitungan dari tabel uji independent t-test bahwa diperoleh nilai signifikasi sig. (2-tailend) sebesar 0.044 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar biologi siswa antara menggunakan metode indoor study dan outdoor study di sma negeri 1 sebatik. implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran biologi. oleh karena itu, sekolah dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi metode ini sebagai bagian dari strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. selain itu, guru dapat lebih sering menggunakan lingkungan luar kelas sebagai sumber belajar yang efektif. kata kunci: metode indoor study, metode outdoor study, minat belajar, sebatik

Abstrak Indonesia

Indoor study refers to learning activities conducted within the classroom or laboratory settings. in contrast, outdoor study is a method that involves students learning outside the classroom to directly observe real-world phenomena, aiming to familiarize students with their environment. this study aimed to determine whether there is a difference in students' learning interests when using indoor and outdoor study methods among eleventh-grade students at sma negeri 1 sebatik. this research employed a comparative method conducted at sma negeri 1 sebatik. the population for this study was all eleventh-grade about seven classes. the sample selection used purposive sampling, specifically targeting classes xi psp 1 and xi psp 7. research instruments included a learning interest questionnaire and documentation. data were processed and analyzed using spss 26.0 for windows. the results from the independent t-test table indicated a significance value (sig. 2- tailed) of 0.044, which is less than 0.05, indicating a statistically significant difference in biology learning interest between students taught using indoor study and outdoor study methods at sma negeri 1 sebatik. this study implies that implementing outdoor study methods can enhance students' learning interest in biology. consequently, schools may adopt this method to improve educational quality as part of their instructional strategies. additionally, teachers are encouraged to utilize outdoor environments more frequently as effective learning resources. keywords: indoor-outdoor study method, learning interest