UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII-2 SMP Negeri 11 Tarakan

Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII-2 SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Ayunita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kesulitan dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas vii-2 smp negeri tarakan dalam menyelesaikan soal aljabar, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek penelitian ini berjumlah tiga orang siswa yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru. teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis dokumen. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan aljabar terdiri dari kesulitan prinsip dan kesulitan konsep. kesulitan konsep dalam penelitian ini yaitu siswa tidak dapat menentukan variabel dan koefisien, siswa memahami bahwa variabel merupakan angka sedangkan koefisien merupakan huruf, siswa memahami bahwa tanda kurang bukan merupakan negatif, sedangkan jika ada notasi negatif sudah menjadi satu kesatuan dengan koefisien dan variabel. kesulitan prinsip yaitu, siswa mengoperasikan pengurangan tanpa memperhatikan notasi negatif dan notasi positif, yang dimana notasi tersebut harus dihilangkan dengan cara mengalikan notasi negatif dengan negatif, atau notasi positif dengan negatif. selain itu, siswa mengoperasikan perkalian dengan mengalikan antara variabel dengan variabel, kemudian konstanta dengan konstanta tanpa menerapkan sifat distributif ke dalam operasi hitung perkalian, serta siswa tidak memahami perkalian pangkat pada dua variabel atau lebih. faktor penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. faktor internal meliputi faktor fisiologis ditandai dengan kondisi kesehatan yang kurang sehat seperti pusing atau sakit kepala. faktor psikologis terdiri faktor minat yaitu siswa cenderung merasa malas, bosan, tidak memperhatikan pelajaran. faktor sikap yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran, tidak memperhatikan guru, malas mencatat, dan tidak fokus terhadap pembelajaran. faktor motivasi yaitu malas mengerjakan tugas, bosan dan memilih kegiatan aktivitas lain seperti bermain dan bercerita sama teman. sedangkan faktor eksternal terdiri dari fakor keluarga, faktor sekolah dan faktor teman sebaya. pada faktor keluarga yaitu suasana rumah yang kurang mendukung, pada faktor sekolah yaitu faktor guru dan sarana dan prasarana kurang lengkap serta faktor terakhir yaitu teman sebaya. kata kunci: kesulitan belajar, aljabar, faktor penyebab

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the learining difficulties and factor contributing to these difficulties among seventh-grade student (class vii-2) at smp negeri 11 tarakan in solving algebra problems. a qualitative method with case study approach was applied. the study involved three student selected based on teachers recommendations. data were collected through interviews and document analysis. the findings revealed that difficulties faced by student in algebra fall into conceptual and procedural categories. conceptual challenge include the inability to indentify variables and coefficient correctly, with student misunderstanding variables as inseparable from the coefficient as letters. additionally, student failed to recognize the negative sign as distinct from subtraction, perceiving a negative notation as inseparable from the coefficient and variables. procedural difficulties include student’ errors in performing subtraction without observing negative and positive notations, which should be handled by multiplying a negative by a negative or positive by negative. furthermore, student made mistakes in multiplication by pairing variables with variables and constants with constants without applying the distributive property in multiplication, and the struggled to understand exponent rules when applied to two or more variables. the factors contributing to students’ learning difficulties were both internal and external. internal factors include physiological issues, as student factors encompass a lack of interest, with students tending to feel unmotivated, bored, and inattentive. attitudinal factors showed student’ lack of learning engagement, failure to focus on teachers’explanations, reluctance to take notes, and difficulty concentrating. motivaton-related issues involved reluctance to complete talking with friends. external factors consist of family, school, and peer influences. family factors include an unsupportive home environment, while school factors infrastructure. lastly, peer influence also plays a role. keywords: learning difficulties, algebra, contributing factors