UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Sebagai Pendidik (Educator) Dalam Pembentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas V B Di SD Negeri 013 Kota Tarakan Kalimantan Utara

Peran Guru Sebagai Pendidik (Educator) Dalam Pembentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas V B Di SD Negeri 013 Kota Tarakan Kalimantan Utara

Pengarang : Irma Paulina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik (educator) dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas v b di sd negeri 013 kota tarakan kalimantan utara. fokus penelitian mencakup bagaimana peran guru sebagai pendidik (educator) berperan dalam mengajar, membimbing, dan memelihara nilai-nilai religius peserta didik, seperti ibadah, kejujuran, ketulusan, kedisiplinan, dan keteladanan. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. subjek penelitian guru kelas v b dan 2 peserta didik kelas v b. pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran, wawancara guru kelas v b dan 2 peserta didik kelas v b, serta dokumentasi aturan kelas, budaya kelas, dan pada pelaksanaan observasi serta wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan peran penting dalam tiga aspek utama. pertama, dalam perannya sebagai pengajar, guru tidak hanya menyampaikan materi akademis tetapi juga menanamkan nilai-nilai religius, seperti cara berdoa yang benar, mencegah perilaku menyontek, dan menekankan penghormatan terhadap sesama. guru juga menjadi teladan dalam hal berpakaian rapi dan bersih serta mendorong kedisiplinan dengan aturan kelas. kedua, sebagai pembimbing, guru memberikan arahan langsung terkait praktik religius, pentingnya kejujuran, dan kedisiplinan. guru juga mengajarkan peserta didik untuk menghargai sesama dalam interaksi sosial. ketiga, guru berperan dalam memelihara perkembangan karakter religius peserta didik dengan memberi nasihat dan penguatan nilai-nilai religius secara konsisten. guru membiasakan peserta didik untuk tidak menyontek dan menekankan pentingnya menghargai sesama. meskipun peran guru efektif, penelitian ini juga menekankan perlunya dukungan dari keluarga, lingkungan masyarakat, dan motivasi internal peserta didik untuk mencapai perkembangan karakter religius yang optimal. kata kunci: peran guru, pendidik (educator), karakter religius

Abstrak Indonesia

This study aimed to describe the role of teachers as educators in shaping the religious character of fifth-grade students at sd negeri 013, tarakan, north kalimantan. the research focuses on how teachers, in their role as educators, contribute to teaching, guiding, and nurturing students' religious values, such as worship practices, honesty, sincerity, discipline, and setting a good example. the research employed a descriptive qualitative approach, with the research subjects consisting of the fifth-grade teacher and two fifth-grade students. data collection methods included observations during the learning process, interviews with the teacher and two students, documentation of classroom rules and culture, and observations during the interviews. the results showed that the teacher plays a significant role in three key aspects. first, as an instructor, the teacher delivers academic content and instills religious values, such as proper prayer practices, discouraging cheating, and emphasizing respect for others. the teacher also serves as a role model by dressing neatly and promoting discipline through classroom rules. second, as a guide, the teacher provides direct instruction on religious practices, the importance of honesty, and discipline. the teacher also fosters respect among students in social interactions. third, the teacher maintains the development of students' religious character by consistently offering advice and reinforcing religious values. the teacher encourages students to refrain from cheating and emphasizes the importance of respect for others. despite the importance of the teacher, this study emphasizes that to get the best possible development of religious character, students also require extra help from their families, the community, and their motivation. keywords: teacher's role, educator, religious character