
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Bingo” Untuk Siswa Kelas VII SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung
Pengarang : Silvia Ariani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Media interaktif merupakan sarana yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran melalui praktik keterampilan serta menerima feedback terhadap materi yang disampaikan. salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif adalah articulate storyline. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prosedur pengembangan media interaktif dengan berbasis etnomatematika dengan menggunakan articulate storyline pada materi segitiga dan segiempat untuk peserta didik kelas vii smpn terpadu unggulan 2 tana tidung, serta mengetahui kepraktisan produk berdasarkan respon peserta didik terhadap media tersebut. penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model addie, yang dimodifikasi dari lee dan owens (2004), dengan lima tahapan: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket. hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan dan kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika menggunakan articualate storyline pada materi segitiga dan segiempat untuk kelas vii smpn terpadu unggulan 2 tana tidung dinilai sebagai berikut: (1) penilaian dari ahli materi memperoleh skor 47 dari total skor maksimum 50, dengan presentase 94% yang berada pada interval 81% sampai 100%, termasuk dalam kategori “sangat valid”, (2) penilaian dari ahli media memperoleh skor 65 dari total skor maksimum 80, dengan presentase 81%, juga dikategorikan “sangat valid”, (3) kepraktisan berdasarkan hasil angket respon peserta didik terbagi menjadi 3 tahap uji coba yaitu uji coba one-to-one (perorangan) dilakukan oleh tiga peserta didik menggunakan multimedia pembelajaran interaktif “bingo” didapatkan hasil presentase 81,21% yang dikategorikan “sangat praktis”, uji coba small group (kelompok kecil) dilakukan oleh enam peserta didik didapatkan hasil presentase 83% yang dikategorikan “sangat praktis”, uji coba field test (lapangan) yang melibatkan satu kelas dengan enam belas orang peserta didik menghasilkan presentase 84,65% dikategorikan “sangat praktis”. berdasarkan keseluruhan tahap uji coba, multimedia pembelajaran interaktif “bingo” dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebgaia media pembelajaran. kata kunci: articulate storyline, etnomatematika, media interaktif, pengembangan
Abstrak Indonesia
Interactive media is a technology that allows students to interact with learning materials by practicing skills and receiving feedback on the material offered. articulate storyline is a software tool for creating interactive media. this study aims to determine the technique for creating interactive media based on ethnomathematics using articulate storyline on triangle and quadrilateral content for seventh-grade students at smpn unggulan 2 tana tidung. furthermore, the study measures the product's usefulness based on students' reactions to the media. this study utilizes a type of development research known as the addie model, adapted from the approach first proposed by lee and owens (2004). the model consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and assessment. the collection of data techniques applied included interviews, observations, and questionnaires. the results proved the efficacy and practicality of ethnomathematics-based interactive multimedia learning, produced using articulate storyline, for teaching triangles and quadrilaterals to seventh graders at smpn unggulan 2 tana tidung. they were evaluated as follows: (1) the material expert assessment resulted in a score of 47 out of a possible maximum score of 50, signifying a 94% accuracy. this falls between the 81% to 100% range and is classified as "very valid." (2) the media experts assessment resulted in a score of 65 out of a possible 80, or an 81% percentage. this is also listed as "very valid." (3) the practicality of the content was assessed using the results of the student response questionnaire, which was administered in three testing stages. the one-on-one trial, conducted by three students utilizing the interactive learning multimedia tool "bingo," yielded a percentage of 81.21%, which was classified as "very practical." the small group trials, conducted by six students, generated a percentage of 83%, which is likewise classified as "very practical." the field tests, which involved one class of sixteen students, yielded an 84% result. 65 percent were assessed as "very practical." after a thorough review of the trial phase, the interactive learning multimedia application known as "bingo" was determined to be an effective and useful instructional tool. keywords: articulate storyline, ethnomathematics, interactive media, development