UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan LKPD Berbasis Media Kartu Kata Bergambar Pada Materi Suku Kata Kelas 1-C SDN 006 Tarakan

Pengembangan LKPD Berbasis Media Kartu Kata Bergambar Pada Materi Suku Kata Kelas 1-C SDN 006 Tarakan

Pengarang : Normia Sarie

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis media kartu kata bergambar pada materi suku kata untuk siswa kelas 1-c sdn 006 tarakan. berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa siswa mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran, dan banyak di antara mereka yang belum mengenal huruf serta tidak lancar membaca. hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam media pembelajaran yang digunakan. oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (r&d) dengan model addie, yang terdiri dari lima tahap: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. hasil penelitian menunjukkan bahwa lkpd yang dikembangkan memiliki kelayakan yang baik berdasarkan validasi dari ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan. hasil validasi yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 88%, ahli media 82%,ahli materi 82%,ahli praktisi 86% selain itu,dari uji coba terbatas 95% serta uji coba lapangan 100%. hasil validasi ahli media,materi,bahasa dan praktisi menunjukan bahwa media pembelajaran lkpd berbasis media kartu kata bergambar sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. hasil angket peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukan bahwa tingkat ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran lkpd berbasis media kartu kata bergambar berada pada kategori sangat menarik. respon siswa terhadap lkpd ini juga positif, yang menunjukkan bahwa media ini menarik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. dengan menggunakan media kartu kata bergambar, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, serta lebih mudah memahami materi suku kata. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 1 sd. kata kunci: lkpd, media kartu kata bergambar, suku kata, pembelajaran, addie, siswa kelas 1

Abstrak Indonesia

This study aimed to develop student worksheets (lkpd) based on picture word cards on syllable material for students in class 1-c at sdn 006 tarakan. based on initial observations, it was found that students experienced boredom in the learning process, and many of them did not know letters and did not read fluently. this is caused by a lack of variation in the learning media used. therefore, this study uses the research and development (r&d) method with the addie model, which consists of five stages: analyze, design, develop, implement, and evaluate. the research results showed that the lkpd developed has good feasibility based on validation from media experts, material experts, and educational practitioners. the validation results obtained from language experts were 88%, media experts of 82%, material experts of 82%, and practitioner experts of 86%. in addition, from limited trials of 95% and field trials of 100%. the validation results of media, material, language, and practitioner experts showed that the lkpd learning media based on picture word cards is very valid to use in the learning process. the results of student questionnaires in limited trials and field trials showed that the level of students' interest in the lkpd learning media based on picture word cards was in a very interesting category. the student's response to the lkpd was also positive, which showed that this media is interesting and can increase students' interest in learning by using picture word cards as media. it is hoped that students can be more active and involved in learning, and understand syllabic material more easily. this study is expected to contribute to the development of innovative and effective learning media, as well as improve the quality of learning in grade 1 elementary schools. keywords: learning outcomes, enrichment, remedial