
Determinan Perilaku Keuangan Berdasarkan Perspektif Teori Perilaku Terencana (Studi Pada UMKM Kota Tarakan)
Pengarang : Erlina Sepe
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya perilaku keuangan umkm di kota tarakan, khususnya di sektor makanan dan minuman, yang mencerminkan kemampuan pengelolaan keuangan yang masih kurang. berdasarkan hasil survei awal, ditemukan bahwa sebagian besar umkm belum memiliki kebiasaan keuangan yang baik, seperti membuat anggaran, mencatat pengeluaran, dan menabung. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku keuangan tersebut, dengan fokus pada literasi keuangan, perencanaan keuangan, dan latar belakang pendidikan berdasarkan perspektif teori perilaku terencana (theory of planned behavior/tpb). penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yang melibatkan 100 responden. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pls-sem dengan aplikasi warppls 8.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan perencanaan keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan umkm, sedangkan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan umkm. implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung teori perilaku terencana (theory of planned behavior/tpb) dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keuangan. kata kunci : literasi keuangan, perencanaan keuangan, latar belakang pendidikan, perilaku keuangan umkm
Abstrak Indonesia
This study was motivated by the low financial behavior of msmes in tarakan city, especially in the food and beverage sector, which reflects poor financial management capabilities. based on initial survey results, it was found that most msmes do not have good financial habits, such as making a budget, recording expenses, and saving. this study aimed to identify factors that influence financial behavior, focusing on financial literacy, financial planning, and educational background based on the theory of planned behavior (tpb) perspective. this study uses quantitative research methods with sample selection using purposive sampling involving 100 respondents. the data analysis technique in this study uses pls-sem with the warppls 8.0 application. the study results showed that financial literacy and financial planning have a positive and significant influence on the financial behavior of msmes, in contrast, educational background does not affect the financial behavior of msmes. the theoretical implications of this study support the theory of planned behavior (tpb) in explaining the factors that influence financial behavior. keywords: financial literacy, financial planning, educational background, financial behavior of msmes