
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Metode Reward and Punishment Di Kelas IV A2 SDIT Ibnu Abbas Tarakan
Pengarang : Nur Alima
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kedisiplinan merupakan salah satu sikap yang dimiliki oleh seseorang yang dapat mengarahkan seseorang untuk menaati apa yang diharapkan lingkungannya seperti keluarga, sekolah dan masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran dengan metode reward dan punishment. jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas iv a2 sdit ibnu abbas tarakan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kedisiplinan siswa. indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah nilai kedisiplinan siswa yaitu ≥ 80% dengan kategori “baik sekali”. berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus i yaitu pada pertemuan 1 sebesar 70% dan pada pertemuan 2 sebesar 75% dengan kategori baik. sehingga dilanjutkan pada siklus ii pertemuan 1 sebesar 80% dan pertemuan 2 sebesar 85% dengan kategori baik sekali. hal ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥80% dengan kategori “baik sekali”. adapun hasil observasi kedisiplinan siswa pada pada siklus i pertemuan 1 persentase kedisiplinan siswa sebesar 23% dengan kategori kurang dan pertemuan 2 sebesar 39% dengan kategori kurang. hal ini belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga dilanjutkan pada siklus ii pertemuan 1 menjadi 45% dengan kategori cukup dan pertemuan 2 menjadi 83% dengan kategori baik sekali. hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥ 80% dengan kategori “baik sekali”. sehingga jika penerapan metode reward dan punishment ini dilakukan secara konsisten di dalam kelas maka dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. kata kunci: kedisiplinan, siswa, reward, punishment
Abstrak Indonesia
Discipline is one of the attitudes possessed by a person that can direct a person to obey what is expected by the environment such as family, school and society. this study aimed to see the improvement of student discipline in learning with reward and punishment method. the research used classroom action research (car) which was carried out in 2 cycles and each cycle consists of 4 stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. the subject of this research was 20 students in grade iv-a2 of sdit ibnu abbas tarakan for the academic year of 2023/2024. the research instruments used teacher activity observation sheets and student discipline observation sheets. the indicator of success in this study was the student discipline score, which was ≥ 80% with the category "very good". based on the results of observation of teacher activities in cycle i, namely in meeting 1 was 70% and meeting 2 was 75% with "good category". thus, it was continued in the second cycle of meeting 1 by 80% and meeting 2 by 85% with "very good category". this is in accordance with the research success indicator, which is ≥80% with the category of "very good". the results of student discipline observation in the first cycle of meeting 1 showed that the percentage of student discipline was 23% with "less category" and meeting 2 was 39% with "less category". it has not reached the success indicator, so it was continued in the second cycle of meeting 1 to 45% with "sufficient category" and meeting 2 to 83% with "very good category". this is in accordance with the research success indicator, which is ≥ 80% with the category "very good". therefore, if the implementation of reward and punishment method is carried out consistently in the classroom, it can improve the student discipline. keywords: discipline, students, reward, punishment