
Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Perilaku Merokok Pada Siswa Kelas VIII E SMP 05 Tarakan
Pengarang : Fitri Sawalia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Perilaku merokok adalah upaya menghisap gulungan kertas yang didalamnya terdapat zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti nikotin, tar, karbon monoksida,hydrogen sianida, benzene,formaldehida, dll. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik restukturisasi kognitif terhadap perilaku merokok pada siswa. penelitian ini dilakukan di smp 5 tarakan, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. populasinya dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas viii e. teknik sampling yang digunakan jenuh sampling dengan klasifikasi seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 12 siswa. analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan inferensial. uji hipotesis meneggunakan paired sample t-test, dengan spss ver 26.0. berdasarkan analisis disimpulkan bahwa nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh teknik restukturisasi kognitif terhadap perilaku merokok siswa kelas viii e smp 5 tarakan. adapun gambaran dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil pre-test dan post-test pada indikator aktivitas dan persepsi, mengalami perubahan nilai ditunjukan dengan perubahan kategorisasi dari tinggi,sedang menjadi sedang rendah. kata kunci: restukturisasi, kognitif, perilaku, merokok
Abstrak Indonesia
Smoking behavior is an attempt to suck a roll of paper that contains substances that are harmful to health such as nicotine, tar, carbon monoxide, hydrogen cyanide, benzene, formaldehyde, etc. the purpose of this study was to determine the effect of group counseling with cognitive restructuring techniques on smoking behavior in students. this research was conducted at smp 5 tarakan, this study is an experimental study with a quantitative approach. the population in this study was 12 students in class viii e. the sampling technique used was saturated sampling with the classification of the entire population as a sample, namely 12 students. data analysis used descriptive and inferential statistics. hypothesis testing using paired sample t-test, with spss ver 26.0. based on the analysis, it was concluded that the significance value was (0.000 < 0.05) which means that there is an effect of cognitive restructuring techniques on smoking behavior in class viii e students of smp 5 tarakan. the description of this study shows that the results of the pre-test and post-test on the activity and perception indicators, experienced changes in value indicated by changes in categorization from high, medium to medium low. keywords: restructuring, cognitive, behavior, smoking