
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Tarakan Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin
Pengarang : Riska Ramadani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa karena berperan dalam mengungkapkan gagasan matematisnya khususnya ketika berhadapan dengan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. kemampuan komunikasi matematis ini meliputi kemampuan untuk menyatakan benda nyata dalam kehidupan sehari-hari kedalam objek-objek matematika, menjelaskan ide dan relasi matematika dalam bentuk lisan maupun tulisan sehingga dapat menyusun model matematika dan menyelesaikannya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa sma negeri 4 tarakan bedasarkan perbedaan jenis kelamin dengan menggunakan indikator yaitu written text, mathematical expression dan drawing. penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus dan melibatkan 2 partisipan laki-laki dan 2 partisipan perempuan. partisipan tersebut dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis partisipan pertama laki-laki memenuhi indicator mathematical expression/ekspresi matematika dan drawing/menggambar. sedangkan pada partisipan laki-laki yang kedua hanya memenuhi indikator written text/menulis. sementara itu, kemampuan komunikasi matematis pada satu orang partisipan perempuan memenuhi semua indikator. akan tetapi, satu orang lagi pada partisipan perempuan memenuhi indikator written text/menulis dan mathematical expression/ekspresi matematika. kata kunci: jenis kelamin, kemampuan komunikasi matematis, kualitatif
Abstrak Indonesia
Mathematical communication skills are essential competencies that students must develop, as they significantly contribute to articulating mathematical concepts, particularly in navigating real-world problems associated with mathematics. these competencies involve the capacity to translate real-life objects into mathematical representations, articulate mathematical ideas and relationships both verbally and in writing, and construct and solve mathematical models. this study aimed to analyze students' mathematical communication skills at sma negeri 4 tarakan through the lens of gender differences, employing specific indicators: written text, mathematical expression, and drawing. using a qualitative case study approach, this research involved four participants (two males and two females), selected through purposive sampling. data collection methods included documentation and interviews. the results indicate that the first male participant demonstrated proficiency in mathematical expression and drawing, whereas the second male participant exhibited skills solely in written text. conversely, one female participant satisfied all the communication skill indicators, while the other displayed. competence in written text and mathematical expression. keywords: gender differences, mathematical, communication skills, qualitative study