
Sistem Kontrol Traffic Light Berdasarkan Jarak Antrian Kendaraan Pada Simpang Empat Menggunakan Programmable Logic Controller Berbasis Photoelectric
Pengarang : Andika
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Seiring dengan banyaknya kendaraan yang ada maka dibuatlah traffic light. pada tanggal 10 desember 1868, traffic light pertama kali diterapkan di inggris, tujuannya adalah mengatur lalu lintas di jalan raya. adanya traffic light ini dapat mencegah kemacetan serta mengurangi kecelakaan yang ada di jalan. serta juga dapat mengatur lajunya arus lalu lintas. dalam penelitian ini penulis mencoba untuk bereksperimen, dengan kontrol plc berbasis photoelectric yang terpasang pada traffic light. tujuan utama dalam pengotrolan ini adalah memperhitungankan jarak antrian dan lama waktu tunggu pada traffic light dangan sensor sebagai photoelectric sebagai pengindraan yang mengirim sinyal pada plc sebagai pusat kontrol. terdapat tiga sensor yang digunakan yang berfungsi sebagai pendeteksi panjang antrian kendaraan pada setiap simpang. jika antrian kendaraan mencapai sensor pertama waktu pada lampu hijau 7 detik lebih lama dibanding waktu normal. jika antrian kendaraan mencapai sensor kedua waktu lampu hijau lebih lama 13 detik. jika antrian kendaraan mencapai sensor ketiga maka waktu lampu hijau lebih lama 20 detik dari waktu normal. syarat mengaktifkan sensor apabila terhalang selama 5 detik. pada sistem kontrol traffic light ini, waktu tunggu (lampu merah) terlama antrian kendaraan 109 detik kondisi simpang dalam keadaan normal. jika sensor aktif secara bersamaan waktu lampu hijau terlama 43 detik. kata kunci : kontrol, plc, photoelctrik, traffic light
Abstrak Indonesia
Traffic lights were installed to accommodate the number of automobiles. on december 10, 1868, england saw the introduction of the first traffic light, intended to regulate highway traffic. this traffic signal can help to prevent congestion and accidents on the road. furthermore, the system is capable of regulating the flow of traffic. in this research, the author attempts to experiment with a photoelectric- based plc control system installed on the traffic light. the primary goal of this research is to assess the queue distance and waiting time at a traffic light using a photoelectric sensor that sends a signal to the programmable logic controller (plc) as a control center. three sensors are used to determine the length of the vehicle queues at each intersection. when the vehicles arrive at the first sensor, they will see a green signal for seven seconds longer than usual when the vehicle line reaches the second sensor, the green light will be illuminated for 13 seconds longer than usual. if the queue of vehicles reaches the third sensor, the green light time will be 20 seconds longer than normal. if the sensor remains inactive for five seconds, it must be activated. under typical conditions at an intersection, the longest allowable waiting time (red light) for a vehicle line is 109 seconds. when the sensor is operational simultaneously, the longest green light period is 43 seconds. keywords: plc, photoelectric, traffic light