
Deskripsi Kemampuan Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas V B SDN 032 Tarakan
Pengarang : Safarudin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kemampuan siswa dalam pembelajaran geometri sangat penting untuk dikembangkan, karena kemampuan geometri siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. kemampuan geometri sangat penting dalam meningkatkan gaya berpikir siswa. teori van hiele menyatakan siswa akan melalui 5 tahapan berpikir jika siswa mempu memiliki kemampuan berpikir geometri. adapun perkembangan berpikir geometri siswa dalam pembelajaran matematika yaitu pada tahap visualisasi, tahap analisis, tahap abstraksi, tahap dedukasi, dan tahap rigor. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan geometri siswa pada kelas v sdn 032 tarakan berdasarkan teori van hiele. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. data yang dikumpulkan yaitu melalui soal tes van hiele geometri tes (vhgt), dari 23 siswa, wawancara dan dokumentasi. dapat diketahui bahwa terdapat 3 siswa yang masuk pada tahap visualisasi dari 23 siswa, dan terdapat 4 siswa yang dikatagorikan notif (tidak dapat ditentukan level berpikirnya berdasarkan teori van hiele). sedangkan 16 siswa dikatagorikan belum masuk dalam tahapan berpikir berdasarkan teori van hiele. hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek a1, a2, dan a3 yang masuk dalam tahapan berpikir van hiele pada tahap visualisasi, memiliki kemampuan geometri dalam memahami suatu bangun datar berdasarkan bentuk yang terlihat secara visual, dimana ketiga subjek dapat membedakan mana segitiga, persegi, persegi panjang, dan mana yang merupakan jajargenjang. kata kunci: kemampuan, geometri, teori van hiele sekolah dasar
Abstrak Indonesia
The development of students’ geometric abilities is essential, as these skills enable students to solve problems in both mathematics and everyday life. geometry not only enhances students’ ability to solve problems but also play a vital role in shaping their thinking patterns. according to van hiele’s theory, student progress through file levels of geometric thingking: visualization, analysis, abstraction, deduction, and rigor. this study aimed to describe the geometrice abilities of fifth-grade students at sdn 032 tarakan based on van hiele’s theory, a descriptive qualitative mothod wes employed, with data collected from 23 students through the van hiele geometry tes (vhgt), interviews, and documentation. the findings revealed that 3 students were at the visualization stage, while 4 students could not be categorized within any specific van hiele level (“notif”). additionally, 16 students had not yet reached any identifiable stage of geometric thingking. the results further indicated that subjects a1, a2, and a3, who were at the visualization stage, demonstrated the ability to recognize and differentiate between basic geometric shapes, such as triangles, squares, rectangles, and parallelograms. keywords: ability, geometry, van hiele’s theory, primary school