UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pemberian Informasi Melalui Media Video Tentang Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) Di Puskesmas Pantai Amal

Pengaruh Pemberian Informasi Melalui Media Video Tentang Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) Di Puskesmas Pantai Amal

Pengarang : Marlince Isan

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, luasnya cakupan permasalahan dan mengenai pengetahuan wanita usia subur (wus) terhadap penggunaan alat kontrasepsi, hal ini membutuhkan sebuah media promosi kesehatan yang mampu merangkum edukasi yang berkesinambungan antara satu permasalahan mengenai kb atau dengan permasalahan lain. media video dapat menyampaikan berbagai berita atau informasi. tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengetahuan dan sikap wus sebelum dan sesudah diberikan informasi melalui media video tentang alat kontrasepsi dalam rahim (akdr) di puskesmas pantai amal dan menganalisis pengaruh pemberian informasi melalui media video terhadap pengetahuan dan sikap wus di puskesmas pantai amal. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment (pre-post test design one group). hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan sikap wus di wilayah kerja puskesmas pantai amal sebelum pemberian informasi tentang kb iud melalui media video menunjukkan bahwa rata-rata responden masih berpengetahuan kurang dan bersikap negatif. tingkat pengetahuan dan sikap wus di wilayah kerja puskesmas pantai amal setelah pemberian informasi tentang kb iud melalui media video menunjukkan adanya peningkatan yaitu rata-rata responden sudah berpengetahuan baik dan memiliki sikap yang positif. pemberian informasi dengan media video efektif terhadap peningkatan pengetahuan wus dan perubahan sikap wus tentang kb iud. pada hasil penelitian ini juga terdapat beberapa responden atau wus yang tidak langsung mengalami peningkatan pengetahuan atau perubahan sikap tentang kb iud, disebabkan karena sebagian responden masih belum menyerap informasi dengan baik pada saat penyampaian informasi tentang kb iud menggunakan media video. kata kunci: wanita usia subur, media video, kb iud

Abstrak Indonesia

The development of technology and information affects various sectors of life, the breadth of the scope of the problem, and the knowledge of women of childbearing age on the use of contraceptives. hence, this requires a health promotion media that is able to summarize continuous education between one issue regarding family planning or with other issues. video media can convey various news or information. the purpose of this study was to identify the knowledge and attitudes of women of childbearing age before and after being given information through video media about intrauterine devices (iuds) and analyze the effect of providing information through video media on the knowledge and attitudes of women of childbearing age at the amal beach public health center. this study utilized a type of quantitative research with a quasi-experiment design (one-group pretest-posttest design). the results showed that the level of knowledge and attitude of the average respondent in the amal beach public health center working area before providing information about the iud family planning through video media was still less knowledgeable and negative. the level of knowledge and attitudes of women of childbearing age in the amal beach public health center working area after gaining the information about the iud family planning through video media showed an increase, namely the average respondents were well informed and had a positive attitude. the information provision with video media was effective in increasing the knowledge of women of childbearing age and changing the attitude of women of childbearing age about the iud. in the results of this study there were also some respondents or women of childbearing age who did not immediately experience an increase in knowledge or changes in attitudes about the iud family planning, due to some respondents had still not been absorbing information properly when the information about the iud family planning using video media was delivered. keywords: women of childbearing age, video media, iud family planning