
Klausa Dalam Bahasa Indonesia Menggunakan Teori Tata Bahasa Peran Dan Acuan: Studi Kasus Karangan Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Madlan Marjan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola klausa dalam bahasa indonesia yang terdapat pada karangan siswa kelas xi bahasa sma negeri 1 tarakan, serta mendeskripsikan struktur klausa menggunakan teori tpa. metode yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. data kemudian dianalisis dengan mengklasifikasi klausa berdasarkan bentuk pola, selanjutnya menjabarkan struktur klausa menggunakan teori tpa. data penelitian ini berupa klausa. sumber data adalah siswa kelas xi bahasa sma negeri 1 tarakan. berdasarkan analisis klausa menggunakan teori tpa, diperoleh data klausa berpola subjek-predikat (s-p), subjek-predikat-objek (s-p-o), subjek-predikat pelengkap (s-p-pel.), subjek-predikat-keterangan (s-p-ket.), subjek-predikatobjek-pelengkap (s-p-o-pel.), subjek-predikat-objek-keterangan (s-p-o-ket.), dan klausa koordinatif berpola subjek-predikat dan predikat (s-p dan p), serta subjek-predikat-objek-predikat dan subjek-predikat (s-p-o-p dan s-p). pada analisis data, penulis menemukan kelas kata pengisi fungsi klausa, yakni kelas kata nomina secara keseluruhan mengisi fungsi subjek, sementara predikat diisi kelas kata adjektiva, dan verba, objek dominan diisi oleh nomina, kelas kata nomina juga dominan mengisi fungsi pelengkap, serta keterangan yang diisi oleh adverbia dan preposisi. hal tersebut terbukti pada hasil analisis data yang dikelompokkan berdasarkan bentuk pola. berkaitan dengan teori tpa, bahwa peran itu harus mengacu pada suatu peristiwa yang disimbolkan dalam bentuk kelas kata. kelas kata yang mengisi unsur inti pada argumen subjek dan objek pada klausa yakni nomina, sementara itu verba, nomina adjektiva mengisi unsur inti bagian nukleus. unsur noninti atau periferi dalam teori tata bahasa peran dan acuan tidak mempengaruhi inti klausa karena periferi merupakan unsur luaran, ada atau tidak kehadirannya tidak akan mengubah arti klausa. pada data unsur noninti diisi oleh kelas kata adverbia dan preposisi.
Abstrak Indonesia
The aim of this research was to describe the clause pattern in indonesia language that were in students’ essay in xi language at sma negeri 1 tarakan, and also describe the clause structure used tpa theory. the method which used in this research was descriptive qualitative. the technique colllection were observed and noted. the data then analyzed by clarified the clause based on the pattern form, verified the clause’s structure used tpa theory. the intruments data of this research was clauses. the data source was the students in xi language at sma negeri 1 tarakan. based on the analyzed of clauses used tpa theory, obtainable the data of clauses which patterned subject-verb (s-v), subject-verb-object (s-v-o), subjectverb-compliment (s-v-c), subject-verb-adverb (s-v-ad), and coordinate clauses patterned subject-verb and verb (s-v and v), besides that subject-verb-object-verb and subject-verb (s-v-o-v and s-v). in analyzing the data, the writer found the filler words of clause function class, which noun words class entirety filled the subject functions, while verb was filled by adverb class, and verb, dominat object filled nouns, the noun word class also dominat filled the complement functions. andverb also the adverb filled by adverb and preposition. this is proven by the result of the data analysis that grouped based on the pattern form. regarding to the tpa theory, the role must referred to the an event that symbolyzed in word class form. word form which filled the main element in subject argument and objecat in clauses that were, nouns, while verb, adverb noun filled the main element in nucleus part. the non core elements and periphery in grammar theory and references not influenced the main clause because of the pheriphery was the outcome element, whether exist or no the presence did not change the meaning of the clauses. in non core elements data filled by the adverb and preposition classes.