UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII C Di SMP Negeri 1 Kecamatan Tulin Onsoi Kabupaten Nunukan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII C Di SMP Negeri 1 Kecamatan Tulin Onsoi Kabupaten Nunukan

Pengarang : Satriani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (ptk/car) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar mengajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. penelitian dilakukan di smp negeri 01 kecamatan tulin onsoi. waktu penelitian dilakukan pada semester i tahun pelajaran 2017/2018. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode sq3r pada siswa kelas vii c di smp negeri 01 kecamatan tulin onsoi. sabjek penelitian ini adalah siswa kelas vii c smp negeri 01 kecamatan tulin onsoi yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 10 siswa putra dan 21 siswa putri. desain penelitian yang digunakan terdiri dari, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan/tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes. instrumen penelitian diukur dengan menggunakan 1) lembar observasi, 2) hasil tes belajar serta 3) lembar penilaian afiktif dan psikomotorik. teknik analisis data yaitu menentukan ketuntasan tiga aspek penilaian (afektif, kognitif dan psikomotorik). hasil penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. berdasarkan hasil analisis yang dilakukan mengenai meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode sq3r pada siswa kelas vii c menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, hal ini dibuktikan dengan ketuntasan tes hasil belajar dalam ranah aspek penilaian yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. pada siklus i, aspek kognitif diperoleh ketuntasan 68% meningkat menjadi 94% pada siklus ii. pada siklus i, aspek afektif diperoleh ketuntasan 52% dengan kategori cukup baik dan meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik pada siklus ii. pada siklus i, aspek psikomotorik diperoleh ketuntasan 55% dengan kategori cukup baik dan meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik pada siklus ii. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode sq3r dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas vii c smp negeri 01 kecamatan tulin onsoi kabupaten nunukan.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi