
The Analysis Of Grammatical Error In Thesis Abstract Of The Economy Department Of Borneo University Tarakan
Pengarang : Maslan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan dan sumber kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ekonomi dalam membuat abstrak di dalam abstrak mereka. subyek penelitian ini adalah 34 abstrak mahasiswa ditahun pembelajaran 2016/2017. setelah mengumpulkan dan menganalisis data, ada 483 kesalahan yang ditemukan pada tulisan mahasiswa yang dianalisis dengan menggunakan surface strategy taxonomy. ditemukan 175 kesalahan omission, 73 kesalahan addition, 52 kesalahan misformation dan 183 kesalahan misordering. sementara itu, menurut comparative analysis taxonomy kesalahan-kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesalahan developmental, kesalahan interlingual, kesalahan ambiguous dan kesalahan others. maka ditemukan 91 kesalahan disebabkan oleh developmental, 27 kesalahan oleh interlingual, 9 kesalahan oleh ambiguous dan 8 kesalahan oleh others. kesimpulannya, kesalahan-kesalahan gramatika terjadi pada tulisan mahasiswa karena kurangnya pemahaman mahasiwa mengenai grammar, pengaruh struktur bahasa indonesia dalam pembelajaran dan faktor terbesar dari gaya belajar mahasiswa.
Abstrak Indonesia
This research was conducted to identify and describe the types of errors and the sources of errors made by the student of economy department in their abstract. the subject of this research was 34 students’ abstracts of the economy department in academic year 2016/2017. the result showed that 843 errors were found in the students’ which analyzed using. the errors were 175 omission, 73 addition, 52 misformation and 182 misordering. meanwhile, comparative analysis taxonomy showed the errors was influenced by 91 developmental, 27 interlingual, 9 ambiguous and 8 others. to conclude, the grammatical errors occurred in the students’ abstracts were caused by the lack comprehension of english grammar, the influence by students of the native language in the process of learning target language and the most factor was sourced from the students’ learning style.