
Efektivitas Media Pembelajaran “Card-24” Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Nurul Fadliani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media “card-24” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas vii smp negeri 10 tarakan. penelitian ini menggunakan desain penelitain quasi-experimental. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 10 tarakan tahun ajaran 2023/2024. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini 56 siswa yaitu 27 siswa kelas vii-4 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas vii-2 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data kemampuan berhitung siswa menggunakan yaitu posttest yang masing-masing terdiri dari 10 soal uraian dengan soal yang berbeda. data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan uji independent sample t-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media “card-24” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas vii di smp negeri 10 tarakan, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan uji independent sample t-test diperoleh nilai t_hitung:2,050> t_tabel:2,024 pada taraf signifikan 5%. hasil ini diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berhitung siswa di kelas yaang menggunakan media “card-24” lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil tes kemampuan berhitung yang menggunakan media lkpd. dengan demikian disimpulkan bahwa media “card-24” efektif terhadap kemampuan berhitung siswa kelas vii smp negeri 10 tarakan. kata kunci: media “card-24”, kemampuan berhitung
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effectiveness of "card-24" media on the students’ numeracy skills of class vii at smpn 10 tarakan. this study uses a quasi-experimental research design. the population in this study were all class vii students of smpn 10 tarakan for the academic year 2023/2024. the sampling technique used was cluster random sampling techniques, so the sample optained in this study was 56 students, consisting of 27 students in class vii-4 as the experimental class and 29 students in class vii-2 as the control class. the collecting data on students’ numeracy skills using post-test, each consisting of 10 essay questions with different questions. research data was analyzed usingg descriptive statistical analysis techniques and independent sample t-test. the study results show that there is an influence of the “card-24” media on the students’ numeracy skills of class vii at smpn 10 tarakan, this is following the results of test calculations independent sample t-test value obtained t_count:2,050> t_table:2,024 at a significance level of 5%. this result is reinforced by the average score of students’ numeracy skills test results in classes that use the “card-24” media was higher than the average result of a numeracy test using lkpd media. thus, it is concluded that the “card-24” media is effective in students’ numeracy skills of class vii at smpn 10 tarakan. keywords: card-24 media, numeracy skills