UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Guna Optimalisasi Distribusi Kepiting Bakau Di Kota Tarakan

Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Guna Optimalisasi Distribusi Kepiting Bakau Di Kota Tarakan

Pengarang : Husna

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Manajemen rantai pasok adalah serangkaian sistem jaringan ada pada perusahaan yang secara serentak bekerja bersama untuk mewujudkan dan menyalurkan suatu produk dari tangan ke tangan konsumen. kepiting bakau merupakan salah satu hasil dari komoditas perikanan yang memiliki potensi besar dalam menunjang kehidupan masyarakat, khususnya nelayan ukuran kecil. tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis manajemen rantai pasok kepiting bakau sehingga sampai ke tangan konsumen. penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. hasil analisis menunjukkan bahwa proses pendistribusian kepiting bakau di kota tarakan dilalui oleh dua saluran 1). produsen (petani tambak) bapak muhammad adam menjual hasil prosuksi kepiting bakau ke distributor (pengepul) bapak bara kemudian akan dijual luar negeri (ekspor), selanjutnya akan dijual lagi ke pedagang kecil (pengecer) bapak herman dan akan dijual lagi ke konsumen akhir ibu rahma, 2). hasil produksi kepiting bakau dari produsen (petani tambak) bapak muhammad adam langsung menjual hasil produksi kepiting bakau ke konsumen akhir ibu rahma. diharapkan sistem manajemen rantai pasokan kepiting bakau di kota tarakan akan terus berjalan secara efisien agar setiap mata rantai pasok yang terlibat tidak mengalami kerugian baik secara fisik maupun materi. kata kunci: manajemen rantai pasok, kepiting bakau, distribusi

Abstrak Indonesia

Supply chain management is a series of network systems in companies that simultaneously work together to realize and distribute a product from hand to consumer. mud crabs are one of the results of fishery commodities that have great potential in supporting life communities, especially small-scale fishermen. this study aims to understand and analyze the management of the mud crab supply chain so that it reaches consumers. this study was descriptive qualitative research with collected data techniques using interviews, observation, and documentation. the analysis results show that the distribution process of mud crabs in tarakan city is passed through two lines 1). producer (pond farmer) mr. muhammad adam sells the mud crab production to the wholesaler (collector) mr. bara, then it will be sold abroad (export), then it will be sold again to the small trader (retailer) mr. herman and will be sold again to the final consumer, ms. rahma. 2). the mud crab production from the producer (pond farmer) mr. muhammad adam directly sells the mud crab production to the final consumer, mrs. rahma. it is hoped that the mud crab supply chain management system in tarakan city will continue to run efficiently so that each supply chain involved does not suffer physical or material losses. keywords: supply chain management, mud crab, distribution