
Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Metode Berimajinasi Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas XI IIS-3 SMA Negeri 1 Nunukan Selatan
Pengarang : Lilis
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan metode berimajinasi menggunakan media kartu bergambar pada siswa kelas xi iis-3 sma negeri 1 nunukan selatan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sma negeri 1 nunukan selatan pada semester 2 (dua) tahun ajaran 2017/2018. subjek peneltian adalah siswa kelas xi iis-3 sma negeri 1 nunukan selatan yang berjumlah 32 siswa. peneltian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap sikus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. pada tahap perencanaan, peneliti menyusun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. setelah melakukan tindakan, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui dampak-dampak yang timbul dari pelaksanaan tindakan tersebut. selanjutnya, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik, afektif dan kognitif. pada siklus i, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 37% sebanyak 12 siswa, sedangkan pada siklus ii meningkat 93% sebanyak 30 siswa. hasil peneitian menunjukkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan pembelajaran menulis cerpen pada sswa kelas xi iis-3 sma negeri 1 nunukan selatan. sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dan sesuai dengan indicator keberhasilan. berdasarkan dasi hasil penelitian yang dilakukan peneliti, penelitian ini sudah dianggap berhasil menggunakan metode berimajinasi menggunakan media kartu bergambar pada materi menulis cerpen. dengan metode berimajinasi menggunakan media kartu bergambar siswa kelas xi iis-3 sma negeri 1 nunukan selatan hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan sehigga nilai siswa sudah mencapai nilai kkm, maka peneliti menghentikan penelitiannya di siklus ke ii.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi