UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Model Pembelajaran Learn On Delivery (Leader) Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Dan Inovatif Untuk Pembelajaran Biologi Di SMA

Pengembangan Model Pembelajaran Learn On Delivery (Leader) Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Dan Inovatif Untuk Pembelajaran Biologi Di SMA

Pengarang : Yusuf Tomy Harsoyo

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangankan model pembelajaran learn on delivery (leader) dengan baik dan benar, mengetahui kelayakan model dan mengetahui keefektifan model yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli, respon guru, respon siswa dan uji coba penerapan. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau research and development (r&d) yang mengacu pada model addie yang dikembangkan oleh dick & carry. 1996. model ini meliputi tahap analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluation). hasil analisis validasi ahli model pembelajaran diperoleh presentase sebesar 72.2% dengan kategori cukup valid. analisis ahli pembelajaran diperoleh presentase 78.9% dengan kategori sangat valid. hasil uji coba penerapan disekolah diperoleh hasil gain score 29% dengan kategori rendah. analisis kelayakan model yang diambil dari keseluruhan hasil validasi dan respon diperoleh presentase 81.5% dengan kategori layak.

Abstrak Indonesia

The purpose of the reasearch is to find out how to develop learning on delivery learning model (leader) appropriately and correctly, to know the feasibility of the model and to know the effectiveness of the model based on expert validation, teacher response, student response and implementation test. this study is research and development (r & d) which refers to model of addie developed by dick & carry. 1996. this model consist of stage of analysis, design, develop, implement and evaluation. the result show that the validation from learning model expert scored 72.2% wich is in the category of quite valid. analysis from learning expert obtained 78.9% with very valid category. the results of the trial in the school obtained gain score 29% with low category. overall, the validation score obtained 81,5% that can be category of decent.