UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Dampak Kemampuan Membaca Rendah Pada Siswa: Studi Kasus Di SMPN 3 Tanjung Palas Utara

Analisis Dampak Kemampuan Membaca Rendah Pada Siswa: Studi Kasus Di SMPN 3 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Uswatun Hasanah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh tiap-tiap anak didik. jika anak didik memiliki keterampilan membaca yang baik, maka mereka akan mudah memahami informasi yang dibaca. begitu sebaliknya, jika anak didik memiliki kemampuan membaca yang rendah, maka tentunya hal tersebut akan menjadi hambatan dalam proses belajarnya. sehingga dalam hal ini, terdapat salah satu siswa kelas vii tepatnya di sekolah smpn 3 tanjung palas utara, yang mengalami kemampuan membaca rendah. dengan adanya kemampuan membaca rendah tersebut, memberikan dampak yang signifikan dalam aspek kehidupan siswa. sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk membahas terkait dampak kemampuan membaca yang rendah pada siswa di smpn 3 tanjung palas utara. metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus telah digunakan dalam penelitian ini. dalam hal ini, peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. wawancara dilakukan dengan mewawancarai sumber data primer yang terdiri dari siswa berinisial r dan data sekunder yang terdiri dari wali kelas serta orang tua siswa. penelitian ini menemukan beberapa dampak signifikan pada siswa berinisial r yang memiliki kemampuan membaca rendah, yang meliputi prestasi akademik berupa nilai rendah dan hasil belajar rendah. kemudian, terdapat komunikasi interpersonal berupa hambatan dalam berkomunikasi siswa dengan teman, orang lain dan guru. sedangkan pada segi psikologis, siswa memiliki kurangnya kepercayaan diri. selain itu, terdapat masalah kognitif siswa yang meliputi kesulitan dalam mata pelajaran, masalah memori dan bahasa, kesulitan berkosentrasi, kesulitan mengerjakan tugas, kesulitan berfikir, serta kesulitan dalam memahami materi. sedangkan pada emosional siswa terdapat rasa cemas, tidak nyaman, merasa terganggu, dan bingung ketika diminta untuk membaca. kemudian terdapat dampak lain berupa ketinggalan pelajaran, malas membaca, serta tidak naik kelas. pada akhirnya, penelitian ini memberikan sebuah rekomendasi pada penelitian selanjutnya untuk memberikan pendekatan maupun intervensi yang tepat dalam mengatasi kemampuan membaca rendah. kata kunci: kemampuan membaca, dampak, dan siswa smpn 3 tanjung palas utara

Abstrak Indonesia

Reading ability is a fundamental skill that every student must possess. good reading skills enable students to easily comprehend the information they read, while poor reading skills can hinder the learning process. this research focused on a seventh-grade student at smpn 3 tanjung palas utara who exhibited low reading ability, significantly impacting various aspects of the student’s life. the objective of this research was to explore the impacts of low reading ability on a student at smpn 3 tanjung palas utara. a descriptive qualitative method with a case study approach was employed in this research. data were collected through interviews and documentation. interviews involved primary data from a student referred to as r, and secondary data from r’s homeroom teacher and parent. the research identified several significant impacts on student r, who had low reading skills. academically, r demonstrated low grades and poor learning outcomes. interpersonally, r faced communication challenges with peers, teachers, and others. psychologically, r exhibited a lack of self-confidence. cognitively, r struggled with various subjects, memory, language, concentration, assignments, thinking, and understanding learning materials. emotionally, r experienced anxiety, discomfort, disturbance, and confusion when asked to read. additionally, r often missed lessons, showed a reluctance to read, and occasionally did not attend classes. the research concluded with recommendations for further research to develop appropriate approaches and interventions to address low reading ability. this would help mitigate the negative impacts and improve the overall educational experience for students facing similar challenges. keywords: reading ability, impact, students of smpn 3 tanjung palas utara