
Kajian Penanganan Kerusakan Jalan Berdasarkan Penilaian Kondisi Jalan Dan Umur Sisa Perencanaan Pada Ruas Jalan Sei Sembakung Kota Tarakan
Pengarang : Devi Inka Tifani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Ruas jalan sei sembakung yang memiliki panjang jalan 3100 m dan lebar jalur lalu lintas 5,5 m merupakan akses jalan yang sering dilalui kendaraan-kendaraan berat perusahaan pertambangan minyak di kota tarakan. akibat beban kendaraan-kendaraan berat tersebut ruas jalan sei. sembakung mengalami kerusakan, selain itu beban kendaraan diperkirakan dapat memperpendek sisa umur perencanaan. penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi kerusakan dan rencanan penanganan pada ruas jalan sei. sembakung, serta menentukan umur sisa perencanaan pada ruas jalan sei. sembakung. berdasarkan hasil analisis metode indeks kondisi perkerasan 2016 (pd 01-2016-b), jenis kerusakan perkerasan yang ditemukan pada ruas jalan sei sembakung antara lain yaitu retak kulit buaya, retak tepi, amblas, tambalan dan tambalan utilitas, pengausan agregat, lubang dan pelapukan/pelepasan butir dan nilai ikp yang didapatkan yaitu 57,44 yang dikategorikan sedang (fair). dari hasil survei kerusakan yang ada di ruas jalan sei sembakung, jenis penanganan yang sesuai yaitu dengan aturan standar perbaikan direktorat jendral bina marga 1995 berupa kode perbaikan p2 (pengaspalan), p4 (pengisian retak), p5 (penambalan lubang), p6 (perataan). berdasarkan hasil analisis sisa umur rencana pada ruas jalan sei sembakung dengan metode aashto 1993 didapatkan sisa umur perencanaan jalan pada beban kondisi aktual akan habis ditahun 2040 dan pada kondisi beban normal akan habis ditahun 2038. kata kunci : kerusakan jalan, metode ikp, penangangan kerusakan jalan, umur sisa.
Abstrak Indonesia
The 3100-meter-long and 5.5-meter-wide sei sembakung road stretch is an important access route that is regularly utilised by large trucks from tarakan city's oil mining businesses. the sei sembakung road portion has been damaged as a result of the weight of these large vehicles, and it is anticipated that the vehicle loads may diminish the remaining design life. the purpose of this study is to assess the sei sembakung road section's remaining design life, identify any defects, and suggest remediation strategies. the sei sembakung road section has a pci value of 57.44, which is classified as fair. based on the analysis conducted using the pavement condition index method 2016 (pd 01-2016-b), the types of pavement damage found on the road section include alligator cracking, edge cracking, depression, patches and utility patches, aggregate polishing, potholes, and weathering/raveling. according to the directorate general of highways 1995's standard repair rules, the sei sembakung road section's damage survey results indicate that repair codes p2 (asphalting), p4 (crack filling), p5 (pothole patching), and p6 (levelling) are the suitable forms of handling. the aashto 1993 method was used to analyse the remaining design life of the sei sembakung road section. the results showed that the road's remaining design used will expire in 2038 under normal load conditions and in 2040 under real load conditions. keywords: road damage, pci method, road damage handling, remaining design life