UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Pada Siswa Kelas IV-C Di SD Negeri Utama 2 Tarakan

Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Pada Siswa Kelas IV-C Di SD Negeri Utama 2 Tarakan

Pengarang : Medianisa Ayuni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun pada siswa kelas iv-c di sd negeri utama 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. subjek penelitian guru wali kelas dan 26 siswa kelas iv-c. pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta angket dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun pada siswa kelas iv-c di sd negeri utama 2 tarakan sudah diterapkan dengan baik melalui peran guru sebagai pendidik dan peran guru sebagai penasihat dimana guru sebagai pendidik dalam memberikan contoh sudah melakukan perannnya seperti guru melakukan pendekatan personal kemudian menjadi teladan siswa tentang baik buruknya berbicara kepada guru. dalam melatih siswa guru sudah melakukan perannya seperti guru memberikan arahan membiasakan siswa mengucapkan kata tolong, maaf dan terimakasih, menyapa teman dengan sopan dan membudayakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5s). dalam membimbing siswa guru sudah melakukan perannya seperti guru mengamati perilaku yang tidak pantas dan tidak dapat diterima kemudian membimbing siswa. dan peran guru sebagai penasihat ialah guru sudah memberikan masukan pada siswa yang kurang sopan saat berbicara dengan guru bahwa siswa harus menghargai perbedaan dan menghormati yang lebih tua. guru juga memberikan masukan pada siswa yang menggunakan kata-kata kasar ketika berbicara dengan teman sebaya. guru sudah memberikan layanan pada siswa yang membutuhkan bantuan dalam penyelesaian masalah seperti guru memahami masalah, kemudian merencanakan pemecahan dan penyelesaian masalah serta memeriksa kembali hasil yang di peroleh. kata kunci: peran guru, sopan santun

Abstrak Indonesia

The research aimed to describe the teacher’s role ini instilling courtwous attitudes among class iv-c students at sd negeri utama 2 tarakan. a descriptive qualitative approach was used, involving a homeroomm teacher and 26 students in class iv-c as subjects. data werw collected through observations, interviews, questionnaires, and documentation. the findings indicated that the teacher effectively instilled courteous attitudess through her roles as both an educator and an advisor. as an educator, the teacher set an example for students by demonstrating appropriate behavior, such as communicating respectfully and engaging in personal interactions that highlightes the importance of politeness. the teacher also trained students to develop courteous habits by encouranging them to use phrases like “please”, “sorry,” and “thank you,” to greet their friends politely and to practice smiling, greeting, and showing politiness and good manners. in her role as an advisor, the teacher guided students by observing inappropriate behaviors and providing corrective feedback. she emphasized the importance of respecting differences and elders and addressed the use of harsh languange among peers. the teacher also offered support to students needing help with problem-solving, assisting them in understanding the issue, planning solutions, resolving the problem and reviewing the outcomes. overall, the teacher’s role as an educator and advisor played a signiificant and effective role in nurturing courteous attitudes among the students in class iv-c at sd negeri utama 2 tarakan. keywords: teacher's role, courteous attitudes