UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Pengarang : Siti Nurhafidah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Geometri merupakan salah satu materi yang dipelajari mulai dari tingkat sekolah dasar. materi geometri menjadi penting untuk dipelajari karena dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. untuk memahami geometri dengan baik, diperlukan kemampuan visual. namun hilangnya kemampuan seseorang dalam memahami benda-benda disebabkan oleh tingkat keabstrakan geometri yang relatif tinggi. geometri dan kesulitan penerapannya terus menjadi tantangan bagi banyak siswa. karena setiap anak memiliki tingkat kecerdasan visual spasial yang unik, tantangan yang mereka hadapi pun berbeda-beda. oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakteristik kecerdasan visual spasial siswa sd kelas iv pada materi geometri. jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pemilihan subjek dikategorikan berdasarkan gender, yaitu 2 laki-laki dan 2 perempuan. metode pengumpulan data menggunakan tes dan metode wawancara, kemudian semua instrumen divalidasi terlebih dahulu oleh validator sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian. hasil yang didapatkan dari penelitian ini ialah bahwa karakteristik kecerdasan visual spasial pada siswa laki-laki ditunjukkan dengan indikator pengimajinasian, pengkonsepan, dan penyelesaian masalah dengan lengkap. namun, pada indikator penemuan pola terdapat satu subjek yang tidak lengkap dalam menemukan pola. hal ini dikarenakan subjek tersebut tidak hapal perkalian. karakteristik kecerdasan visual spasial pada siswa perempuan ditunjukkan dengan indikator pengimajinasian yang lengkap. namun, pada indikator pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan penemuan pola terdapat subjek yang menjawab tidak lengkap. kata kunci: geometri, kecerdasan visual spasial

Abstrak Indonesia

Geometry is a subject taught from the elemntary school level and is crucial for students due to its prevelance in everyday life. to effectively understand geometry, students need strong visual abilities. however, the abstract nature of geometry often impedes individuals’s ability to comprehend geometric concepts, making it a challenging subject for many student possesses a unique level of visual-spatial intelligence, leading to varying challenges in learning geometry. this research aims to idnetify and describe the characteristic of fourth-grade elementary students’ visual-spatial intelligence in the context of geometry. the study employs a descriptive qualitative approach. subjects were selected based on gender, comprising two boys and two gilrs. data collection methods included tests and interviews, with all instruments validated by experts for research suitability. the findings indicate that male students’ visual-spatial intelligence is characterized by strong abilities in imagination, conceptualization, and comprehensive problem-solving. however, on male student struggled with pattern recognition due to a lack of multiplication skills. female students demonstrated complete abilities in imagination but showed incomplete responses in conceptualization, problem-solving, and pattern recognition. keywords: geometry, visual-spasial intelligence