UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Literasi Sains Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran IPA

Hubungan Literasi Sains Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran IPA

Pengarang : Delia Nurul Savitri Ramadhani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Literasi sains merupakan kemampuan dasar yang dimiliki individu dengan melibatkan pemikiran yang kritis, logis serta sistematis. jika siswa memiliki literasi sains yang baik maka akan mempengaruhi keterampilannya dalam pemecahan masalah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan literasi sains terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengukur korelasi atau hubungan antar dua variabel yaitu literasi sains (x) dan keterampilan pemecahan masalah (y). teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dimana dari kelima kelas viii yang diambil hanya 1 kelas saja sebanyak 32 siswa. instrumen yang digunakan yaitu tes sebanyak 12 soal untuk mengetahui bagaimana perkembangan literasi sains dan pemecahan masalah siswa. analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan software spss untuk mempermudah dalam perhitungan data. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi sains dengan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran ipa dengan nilai korelasi sebesar 0,79 yang artinya tingkat kekuatan korelasi antar kedua variabel tergolong dalam kategori kuat dan hubungan yang positif. berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah memiliki hubungan atau korelasi yang kuat. kata kunci : literasi sains, keterampilan pemecahan masalah, pembelajaran ipa, korelasi

Abstrak Indonesia

Science literacy is defined as the ability to engage in critical, logical, and systematic thinking in the context of scientific phenomena. it is a fundamental capacity that enables individuals to effectively navigate scientific concepts and processes, including problem-solving. the goal of this research is to determine the association between science literacy and student problem-solving ability. the research design used was quantitative descriptive research, which entails determining the connection or relationship between two variables: science literacy (x) and problem-solving skills (y). purposive sampling was used in this study, with just one of the five eighth-grade classes (32 students) selected. the instrument used was a 12-question test designed to assess pupils scientific literacy and problem-solving abilities. the data analysis used was pearson product-moment correlation analysis, assisted by using spss software for data processing. the findings revealed a statistically significant association between science literacy and problem-solving abilities in science education, with a correlation coefficient of 0,79. this suggests that the correlation between the two variables is strong and positive. the statistics show a strong link between science literacy and problem-solving abilities. keywords: science literacy, problem-solving skills, science learning, correlation.