UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kemampuan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Hubungan Kemampuan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Yasinta Rio Bara

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa kelas vii dan bagaimana profil kemampuan lierasi sains siswa kelas vii smp negeri 7 tarakan. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 7 tarakan dan sampel penelitian ini berjumlah 31 siswa dengan penentuan sampel mengunakan teknik purposive sampling. data diperoleh berdasarkan hasil tes literasi sains dan tes kognitif dalam bentuk pilihan ganda, untuk profil kemampuan literasi sains data dianalisis menggunakan teknik persentase sedangkan untuk mencari hubungan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi pearson. hasil penelitian menunjukkan: 1. profil kemampuan literasi sains siswa masih rendah pada aspek kompetensi dengan interpretasi pencapaian antara lain 49% untuk indikator mengidentifikasi pertanyaan atau isu-isu ilmiah, 51% untuk indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan 54% untuk indikator menggunakan bukti ilmiah. hasil belajar siswa berada pada level sedang dengan rata-rata nilai 65 dan kemampuan literas sains berada pada level nominal dengan rata-rata nilai 51. 2. terdapat hubungan yang positif antara kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa. artinya jika kemampuan literasi sains meningkat maka hasil belajar kognitif siswa juga meningkat. kata kunci: literasi sains, hasil belajar, profil literasi sains

Abstrak Indonesia

This study aimed to measure the relationship between science literacy skills and the learning outcomes of seventh-grade students, as well as to profile the science literacy skills of these students at smp negeri 7 tarakan. this research employed a quantitative approach with a correlational method. the population consists of all seventh-grade students at smp negeri 7 tarakan, and the sample comprises 31 students selected using purposive sampling techniques. data were obtained from science literacy tests and cognitive tests in multiple-choice format. the profile analysis of science literacy skills was conducted using percentage techniques, while the relationship between science literacy skills and learning outcomes was analyzed using the pearson correlation test. the results indicated: 1. the profile of students' science literacy skills is still low in competence, with achievement interpretations of 49% for identifying scientific questions or issues, 51% for explaining phenomena scientifically, and 54% for using scientific evidence. students' learning outcomes are at a moderate level with an average score of 65, and their science literacy skills are at a nominal level with an average score of 51. 2. there is a positive relationship between science literacy skills and students' learning outcomes, meaning that an increase in science literacy skills leads to an improvement in students' cognitive learning outcomes. keywords: science literacy, learning outcomes, science literacy profile