UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Siswa Kelas X Di SMAS Frater Don Bosco Tarakan

Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Siswa Kelas X Di SMAS Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Ruran Veronika

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kedisiplinan siswa dapat diartikan sebagai sikap atau perilaku siswa dalam menaati aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, kerapian dan keteraturan sudah menjadi kewajiban siswa di sekolah. namun yang sering terjadi di sekolah yaitu perilaku yang tidak disiplin. dimana perilaku ini dapat diartikan sebagai perilaku yang tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan di sekolah. adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku tidak disiplin siswa. metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari 4 orang yaitu 2 orang siswa dan 2 orang guru. data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (mereduksi data), display data (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan) (sarosa 2021). hasil yang diperoleh mengenai faktor-faktor penyebab perilaku tidak disiplin siswa di smas frater don bosco tarakan yaitu, faktor pribadi. faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, antara lain; 1) tidak bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban yang dimiliki, 2) sering mencari perhatian orang lain, seperti mengganggu teman, 3) sering berbohong, seperti alasan terlambat datang ke sekolah. perilaku ini menunjukkan karakter malas pada siswa, seperti tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, mengganggu teman, bercerita di dalam kelas, keluar masuk kelas dan bepakaian tidak rapi. kata kunci: faktor penyebab, disiplin

Abstrak Indonesia

The student's discipline means the attitude or behavior of students in adhering tothe rules and regulations in school, encompassing the neatness and orderliness thathave been a student's responsibility at school. however, indiscipline frequentlyhappens at schools. indiscipline can be defined as behavior that does not conformto the rules and regulations established in the school. this study aimed to describethe factors causing indiscipline among students. the method used was descriptivequalitative research, with the research subjects consisting of four individuals:twostudents and two teachers. data collection was through interviews anddocumentation. the data analysis methods included reduction, display, andverification data (conclusion drawing) (sarosa 2021). the results regarding thefactors causing indiscipline among students at smas frater don bosco tarakanindicate personal factors. these factors originate from the students themselves,including 1) lack of responsibility for their tasks and duties,2) seeking attentionfrom others, such as disturbing classmates, and 3) frequently lying, such as givingexcuses for being late to school. this behavior reflects a lazy character instudents, such as not completing assignments given by teachers, disturbingclassmates, talking in class, frequently leaving and entering the classroom, anddressing untidily. keywords: causal factors, discipline