
Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Sambal Korek Kota Tarakan)
Pengarang : Vianty Pabi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service marketing mix terhadap keputusan pembelian pada sambal korek kota tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. populasi penelitian ini adalah masyarakat kota tarakan yang pernah berkunjung ke sambal korek. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan instrumen pernyataan dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. pengukuran dalam kuesioner menggunakan skala likert 1 sampai 5. metode penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. jumlah sampel yang diambil sebanyak 230 responden. metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan program spss versi 25.0. hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variable product dan people berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, price berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. dan place berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kata kunci: product, price, people, keputusan pembelian
Abstrak Indonesia
This research aims to determine the influence of the service marketing mix regarding purchasing decisions on sambal korek tarakan city. the type of research used was quantative research with survey methods. the population of this research is the community of tarakan city who have to visited sambal korek. the type of research used was quantative research with survey methods with statement instruments and data collection tehcniques using a survey questionnaries. measurements in the questionnarie use a likert scale of 1 to 5. the sampling method use a purposive sampling techniques is sampling based on certain criteria. the number of samples taken was 230 respondents. the analysis method used was multiples regression analysis which is processed using the spss program version 25. the result of hypothesistesting show that variables product and people have positive and significant effects on puchasing decission, price have a negative and insignificant effect on purchasing decission and place has posotive and insignificant effects on puchasing decission keywords : product, price, people, place, puchase decission