
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas V B Di SDN 023 Tarakan
Pengarang : Ria Anjarisma
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 023 tarakan, pada tahun 2023/2024. penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter pada siswa kelas v b. teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter diterapkan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. perencanaan pembelajaran yang digunakan guru merupakan perencanaan yang dibuat dan dikembangkan sendiri dengan menyesuaikan nilai karakter yang akan diterapkan dalam pembelajaran. pada pelaksanaan, guru mengimplementasikan nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang telah disesuaikan sebelumnya. kata kunci: implementasi, karakter, pembelajaran, siswa
Abstrak Indonesia
This type of research is qualitative research conducted at sdn 023 tarakan, in 2023/2024. thepurpose of the research was to implement character values in class v b student. the data collection technique employed were interviews, observation, and documentation. the researcher used miles and huberman's stage in analyzing the data, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion: drawing or verifying. the data validity used triangulation techniques. the result showed that the implementation of character values is applied from planning to implementation. lesson planning used by teachers is a plan that is made and developed by themselves by adjusting the character values that will be applied in learning. in the implementation, teachers implement character values through learning activities and learning methoids that have been adjusted in advanced. keywords: implementation, character, learning, student