UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Pada Jalan R.E Martadinata Kota Tarakan Dengan Menggunakan Model Greenshield Dan Model Greenberg

Analisis Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Pada Jalan R.E Martadinata Kota Tarakan Dengan Menggunakan Model Greenshield Dan Model Greenberg

Pengarang : Yehizkia Pakondo

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jalan r.e martadinata merupakan salah satu jalan di kota tarakan yang termasuk dalam kelas jalan kolektor dengan jalan 4 (empat) lajur, 2 (dua) arah yang berada di tarakan. jalan r.e martadinata tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan pusat pendidikan, pertokoan dan perdagangan pada jam puncak. jalan r.e martadinata memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan kinerja jalan menjadi berkurang. penelitian ini dilakukan untuk menentukan model matematis volume, kecepatan dan kepadatan selanjutnya menentukan tingkat pelayanan jalan r.e martadinata. metodologi penelitian ini menggunakan metode greenshield dan greenberg dengan mengunakan data volume, kecepatan, dan kepadatan yang didapatkan dari hasil survei di lapangan. hasil penelitian ini menunjukan model hubungan volume, kecepatan, dan kepadatan terbaik adalah dengan model greenshield dimana pada model ini nilai (r² = 0,9275) sehingga di dapatkan hasil hubungan kecepatan-kepadatan s = 38,3168 - 0,6082d, hubungan volume-kepadatan v = 38,3168d - 1,87493d^2 dan hubungan volume-kecepatan v = 62,9993 - 1,64417s2 pada hasil perhitungan indeks pelayanan dengan model hubungan greenshield dipilih untuk mengetahui indeks pelayanan pada jalan r.e martadinata. dari hasil perhitungan tersebut didapat nilai indeks pelayan yaitu f kata kunci : greenshield, greenberg, volume, kecepatan, kepadatan.

Abstrak Indonesia

R.e martadinata road in tarakan city is a collector road with four lanes and two direction. it carves as a major road connecting educational, commercial, and trading center during peak housrs. the high traffic volume on this road reduces its performance. this study aimed to develop mathematical models for volume, speed, and density and determine the level of service on r.e martadinata road. the methodology uses greenshiel and greenberg models with data collected from field surveys on volume, speed, end density. the result show that the best model for the relationship between volume, speed and density is the greenshield model with an r² value of 0,9275. the relationships derived were: speed-density (s=38.3168-0.6082d) volume- density (v=38.3168-1,87493d²), and volume-speed (v=62.9993-1.64417s²). the service level index calculation using the dreenshield model indicated a service level index of f for r.e martadinata road. keywords: greenshield, greenberg, volume, speed, density