
Pengaruh Edukasi Pola Makan Sehat Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang Status Gizi Balita
Pengarang : Nur Azizah Yasin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Pola makan ialah cara dalam mengatur jumlah dan jenis makanan yang seimbang dengan porsi cukup untuk memperbaiki dan meningkatkan status gizi balita. pengetahuan ibu tentang pola makan berpengaruh terhadap pemberian pola makan yang sehat pada balita, hal ini dikarenakan ibu pemegang peran penting dalam menyediakan makanan untuk keluarga terutama balita. tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi pola makan sehat terhadap tingkat pengetahuan ibu balita tentang status gizi balita. desain penelitian menggunakan metode pre experimental study dengan rancangan one group pre-test post-test. sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 ibu balita, yang dipilih dengan cara accidental sampling. hasil dari penelitian ini ada perbedaan antara pengetahuan sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai p-value 0,000 ( < 0,005). berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pengaruh edukasi pola makan sehat terhadap tingkat pengetahuan ibu balita tentang status gizi balita, maka dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan edukasi, mayoritas ibu balita memiliki pengetahuan yang kurang mengenai pola makan sehat pada balita. setelah diberikan edukasi didapatkan hasil seluruh reponden berpengetahuan yang baik. hal ini menunjukkan adanya pengaruh edukasi pola makan sehat terhadap tingkat pengetahuan ibu balita. semakin baik tingkat pengetahuan ibu maka semakin baik pula pola makan dan status gizi balita. kata kunci: edukasi, gizi balita, pengetahuan
Abstrak Indonesia
Diet refers to how we manage the quantity and type of food to ensure a balanced intake sufficient to improve and enhance the nutritional status of toddlers. a mother's knowledge about dietary patterns influences the provision of a healthy diet for toddlers, as mothers play a crucial role in providing food for the family, especially for toddlers. the purpose of this study is to determine the effect of healthy eating education on the knowledge level of mothers of toddlers regarding the nutritional status of toddlers. the research design used the pre-experimental study method with a one group pre-test and post-test design. the sample consisted of 32 mothers of toddlers selected through accidental sampling. the results showed a significant difference in knowledge before and after education, with a p-value of 0.000 ( < 0.005). based on the results and discussion, it can be concluded that before given the education, most of the mothers had insufficient knowledge about healthy eating patterns for toddlers. after the education, all respondents showed good knowledge. the result indicated that healthy eating education positively impacts the knowledge level of mothers of toddlers. the better the mothers' knowledge, the better the dietary patterns and nutritional status of the toddlers. keywords: education, toddler nutrition, knowledge